Kesehatan Si Kecil Sering Bikin Khawatir, Ini Pesan Dokter

Ada hal-hal yang menurut dokter sebenarnya tak perlu dikhawatirkan secara berlebihan. Apa saja?

Mutia
| 12 September 2017 19:33

Dream - Muntah, diare, demam, makanan organik, vaksin, sederet masalah kesehatan anak jadi hal yang sangat menyita perhatian orangtua. Tentunya Anda ingin menjaga si kecil selalu dalam keadaan sehat agar ia bisa tumbuh dengan optimal, baik fisik maupun psikologis.

Menjadi orangtua memang selalu diliputi rasa khawatir. Namun bukan berarti perasaan khawatir tersebut mengalahkan logika dan akal sehat. Ada hal-hal yang menurut dokter sebenarnya tak perlu dikhawatirkan secara berlebihan. Apa saja?

Demam
Demam, secara definisinya, merupakan kondisi dengan suhu tubuh mencapai 38 derajat celcius atau lebih. Para dokter mengatakan apabila demam anak di bawah 38
tidak perlu khawatir. Bila si bayi merupakan bayi yang baru lahir, dokter akan memeriksa lebih lanjut, namun tidak ada masalah bagi bayi yang berusia dua bulan keatas.

Vaksinasi
Jangan khawatir apabila suhu tubuh si kecil meningkat setelah divaksin. Hal itu merupakan reaksi wajar tubuh kita setelah diberikan vaksin. Ikuti saja anjuran dokter. Biasanya untuk mengurangi rasa tak nyaman, anak bisa diberi paracetamol sesuai dosis.

Makanan organik
Untuk makanan bayi, orangtua cenderung ingin memberikan makanan organik. Memang baik bagi tubuh, tapi memberi makanan non organik juga tak masalah. Asalkan gizi seimbang dan diolah dengan bersih. Anak-anak butuh asupan gizi maksimal demi pertumbuhannya.

Penyakit yang sedang merebak
Dari berita Anda mungkin akan melihat banyak berita seputar penyakit yang bisa menjangkiti bayi dan membahayakan nyawanya. Jika memang telah berkunjung ke negara tertentu tempat munculnya penyakit tersebut, Anda bisa berkonsultasi.

Namun jika tak ada paparan sama sekali, tak perlu khawatir. Konsultasi adalah cari paling tepat, bukan dengan mencari informasi di Google yang kadang malah jadi salah kaprah.


Laporan Annisa Mutiara Asharini

 

Sumber: Pure Wow

 

#SusahnyaJadiArtis - Danang & Nilam Bahas Soal Haters

Jangan Lewatkan