Kesalahan yang Sering Dilakukan Saat Memasang Car Seat

Bagi para orangtua disarankan untuk membaca buku instruksi manual dengan teliti sebelum memasang car seat.

Mutia Nugraheni
| 14 Agustus 2017 14:02

Dream - Demi berkendara dengan aman bersama si kecil, salah satu barang yang wajib ada di mbil adalah car seat. Tempat duduk untuk bayi ini dirancang sedemikian rupa untuk melindungi tubuh bayi dari guncangan dan benturan yang bisa membahayakan nyawanya.

Pada bebera kasus kecelakan, car seat mampu bekerja sebagai pelindung dengan baik. Tapi ada juga yang tetap menimbulkan luka serius pada bayi. Salah satu pemicunya adalah pemasangan car seat yang tidak benar.

Dalam penelitian yang dipublikasi dalam Journal of Pediatrics diketahui sebanyak 95 persen orangtua melakukan kesalahan baik saat memasang car seat, menaruh bayi, hingga menyesuaikan sabuk pengaman dengan posisi tubuh bayi.

Kesalahan yang mungkin dianggap sepele dampaknya bisa fatal. Saat benturan terjadi bisa berujung pada luka serius pada bayi hingga kematian. Ketahui apa saja kesalahan yang sering dilakukan saat memasang car seat.

Sebaiknya Anda lebih teliti untuk menghindarinya. Demi keselamatan si kecil dan berkendara, hindari kesalahan-kesalahan berikut yang sering dilakukan orangtua dengan car seat.

- Sabuk terlalu longgar
- Car seat bergerak lebih dari satu inci dari bagian samping
- Car seat kursi mobil dipasang pada sudut miring yang tidak pas
- Sabuk kunci pengaman terlalu rendah
- Memasang kunci sabuk yang salah yang salah
- Menggunakan produk tambahan seperti selimut atau bantal yang sebenarnya tak dibernarkan.
- Car seat ditaruh dengan menempel dengan kursi jok depan

Bagi para orangtua disarankan untuk membaca buku instruksi manual dengan teliti sebelum memasang car seat. Termasuk mencoba trial and error sebelum berkendara membawa anak. Hal ini demi mengurangi risiko kesalahan dalam menggunakan car seat yang bisa berakibat fatal.

Sumber: Todays Parents

 

Millen Cyrus Tersandung Narkoba (Lagi)

Jangan Lewatkan