Kesalahan Berhubungan Intim Ini Bisa Hambat Program Hamil

Hal ini sering tak disadari pasangan yang sedang merencanakan kehamilan.

Mutia Nugraheni
| 15 Juli 2021 08:06

Dream - Sahabat Dream dan pasangan sedang merencanakan kehamilan? Pada beberapa kondisi, kehamilan tak terjadi dengan mudah. Butuh usaha dan program tertentu, terutama jika memang terdapat masalah reproduksi pada suami atau istri.

Hal yang penting dilakukan saat merencanakan program hamil secara alami adalah melakukan hubungan intim. Rupanya ada beberapa kesalahan yang sebaiknya dihindari saat berhubungan intim yang bisa menghambat program hamil.

Apa saja? Yuk simak ulasannya dari KlikDokter.

1. Berhubungan Seks Setiap Hari
Percaya atau tidak, terlalu sering berhubungan seks dapat menurunkan kuantitas dan kualitas sperma pria. Sebab, sperma membutuhkan waktu untuk kembali ‘pulih’ setelah dikeluarkan.

Apabila tubuh pria tidak mendapat jeda waktu untuk melakukan hal tersebut lantaran terus-menerus dipaksa berhubungan seksual, bukan tidak mungkin kualitas dan kuantitas sperma malah akan menurun. Hal ini membuat kehamilan lebih sulit terjadi.

2. Tidak Memperhitungkan Tanggal Kesuburan
Menurut seorang dokter obstetri dan ginekologi di Coastal Obstetrics and Gynaecology di Stamford, Connecticut, Shieva Ghofrany, MD, FACOG, menghitung waktu subur adalah hal penting untuk meningkatkan peluang kehamilan.

Hal serupa juga dikatakan oleh dr. Atika. Menurutnya, pasangan yang tidak cermat dalam memilih tanggal subur memang lebih sulit untuk hamil.

“ Misalnya, pasangan ingin segera punya anak tapi salah memperhitungkan masa subur, jadi nanti bisa sulit hamil,” ujar dr. Atika.

Lantas, bagaimana cara menghitung masa subur yang tepat? Pertama, perlu tahu kapan masa haid dimulai. Pada masa haid, sel telur dalam tubuh akan kembali berkembang di dalam ovarium. Ketika sel telur sudah matang, ovarium akan melepaskan sel telur tersebut. Inilah yang disebut dengan masa subur atau ovulasi. Proses ini akan terjadi sekitar 12 sampai 14 hari sebelum haid.

 

Selanjutnya :

Hindari Juga 2 Hal Ini

Jokowi Perpanjang PPKM Darurat Sampai 25 Juli - DreamID

Jangan Lewatkan