Kepanikan Alice Norin Saat Bayinya Muntah Setelah Minum ASI

Ia mengungkap kalau dirinya sampai nangis sesenggukan karena panik.

Mutia Nugraheni
| 7 Agustus 2017 19:22

Dream - Baru pertama kali jadi ibu, Alice Norin juga seperti banyak ibu lain. Ia pernah mengalami kepanikan saat Alita muntah cukup banyak setelah minum ASI. Hal itu terjadi saat Alice baru saja menjalani proses persalinan caesar.

"Teringat sama hari-hari awal Alita baru lahir. Luka bekas operasi mulai nyut-nyutan, mata bengkak dan kepala pening kurang tidur, rambut diiket seadanya ga sempet nyisir, terus nyobain mompa ASI, lho kok cuma sedikit yang keluar? Jangan-jangan Alita juga nggak kenyang minumnya? Lalu suatu kali abis nyusuin, panik karena Alita tiba-tiba muntah banyak. What's wrong with me and my baby?? Huhuhu, cuma bisa nangis sesunggukkan," tulis Alice di akun Instagramnya, @alicenorin, Senin 7 Agustus 2017.

 

Di penghujung Pekan ASI sedunia ini... Teringat sama hari-hari awal Alita baru lahir. Luka bekas operasi mulai nyut-nyutan, mata bengkak dan kepala pening kurang tidur, rambut diiket seadanya ga sempet nyisir ... terus nyobain mompa ASI, lho kok cuma sedikit yang keluar? Jangan-jangan Alita juga nggak kenyang minumnya? Lalu suatu kali abis nyusuin, panik karena Alita tiba-tiba muntah banyak. What's wrong with me and my baby?? Huhuhu, cuma bisa nangis sesunggukkan... _ Lalu datang beberapa sahabat menjenguk, memberi semangat, mengingatkan kalau kapasitas perut new born memang masih kecil juga, sebesar kacang, belum perlu susu banyak, jadi lebih baik fokus menyusui dan konsultasi ahli laktasi langsung daripada menerka-nerka banyak/sedikitnya ASI dari hasil pompaan. Dan kita ngakak bareng pas kuceritain aku nangis-nangis waktu Alita muntah banyak, karena nggak lama kemudian suster jaga datang dan ngasih tahu, itu namanya gumoh, bukan muntah 🤦🏻‍♀ _ Point of the story, I'm wishing the best of luck untuk semua parents yang sedang menyusui dengan keras kepala, para Ibu yang sedang diombang-ambing gelombang emotional rollercoaster, juga untuk para Bapak yang sedang berjuang menghadapi istrinya, you are not alone 😅 Surround yourself with kind and positive people, and let's enjoy breastfeeding 😘 _ Happy Breastfeeding Week to all the awesome parents out there😍 #breastfeedingweek

A post shared by Alice Norin Lawi (@alicenorin) on

Kepanikannya mereda setelah datang sahabatnya yang mengatakan kalau kapasitas lambung bayi yang baru lahir masih sedikit. Minum ASI dalam jumlah banyak bisa membuatnya muntah atau gumoh.

"Datang beberapa sahabat menjenguk, memberi semangat, mengingatkan kalau kapasitas perut new born memang masih kecil juga, sebesar kacang, belum perlu susu banyak, jadi lebih baik fokus menyusui dan konsultasi ahli laktasi langsung daripada menerka-nerka banyak/sedikitnya ASI dari hasil pompaan. Dan kita ngakak bareng pas kuceritain aku nangis-nangis waktu Alita muntah banyak, karena nggak lama kemudian suster jaga datang dan ngasih tahu, itu namanya gumoh, bukan muntah," ungkap Alice.

Ia pun memberi dukungan pada para ibu yang baru saja melahirkan dan sama sepertinya, baru anak pertama dan minim pengalaman. Menurut Alice, penting untuk mencari sumber informasi yang tepat dan berada di sekitar orang-orang yang memberi pengaruh positif.

"I'm wishing the best of luck untuk semua parents yang sedang menyusui dengan keras kepala, para Ibu yang sedang diombang-ambing gelombang emotional rollercoaster, juga untuk para Bapak yang sedang berjuang menghadapi istrinya, you are not alone. Surround yourself with kind and positive people, and let's enjoy breastfeeding," tulis Alice.

 

BERANI BERUBAH: Dodol Perekat Korban PHK

Jangan Lewatkan