Kenali Tanda Awal Persalinan dalam 24 hingga 48 Jam

Perhatikan dengan seksama perubahan pada tubuh.

Mutia Nugraheni
| 23 April 2019 14:08

Dream - Persalinan bisa terjadi kapan pun, bahkan para ibu yang sudah pernah melahirkan kadang tak menyadari tanda-tandanya. Hal ini karena banyak tanda awal persalinan yang samar dan seringkali disalahartikan.

Seperti kondisi kontraksi yang dikira palsu atau braxton hicks, tetesan air ketuban yang disangka buang air kecil tak tertahankan atau flek yang dianggap hanya gangguan ringan.

Untuk membantu Sahabat Dream yang tengah hamil tua mengetahui kapan sebaiknya pergi ke rumah bersalin, coba perhatikan gejala berikut. Penting diketahui gejala ini tidak terjadi dalam urutan tertentu.

Beberapa dapat terjadi dalam satu hari yang sama atau dalam hari yang berbeda. Kuncinya adalah, benar-benar memperhatikan perubahan dalam tubuh.

- Keputihan lebih banyak
Keluar lendir yang cukup banyak dari area intim, disertai warna kecokelatan atau merah muda.

- Kontraksi terus meningkat
Kontraksi yang muncul terus meningkat, baik frekuensi maupun kekuatannya. Pada kontraksi normal, akan bukan hanya terasa di area perut tapi juga menjalar hingga punggung. Muncul juga sensasi tekanan kontraksi di area panggul dan dubur.

- Sulit buang air besar
Sangat sulit buang air besar dan kerap muncul kram. Ini merupakan cara tubuh mengosongkan isi perut sehingga rahim akan berkontraksi dengan baik. Gangguan pencernaan dan muntah sebelum persalinan juga bisa terjadi.

- Gelisah dan keringat terus menerus
Perasaan gelisah, adanya peningkatan energi, atau kelelahan yang terus-menerus. Intinya, Anda selalu ingin memebereskan segala sesuatunya di rumah, ini merupakan insting bersarang yang kerap dialami ibu. Jika demikian, lebih baik istirahat karena ibu akan membutuhkan banyak energi untuk persalinan.

Sumber: Parents

Smartfren Presents Milenial Males Jadi Miliuner Series Eps 2 - Ngebet Viral

Jangan Lewatkan