Kenali Gejala Saat Bayi Alami Kembung dan Kesakitan

Saat anak mengalami kembung biasanya disertai dengan gejala yang sangat khas.

Mutia Nugraheni
| 4 Mei 2018 16:04

Dream - Level gas yang tinggi pada lambung bayi atau anak balita kerap terjadi dan hal ini bisa dikatakan normal. Tapi pada beberapa kasus bisa membuat bayi mengalami nyeri dan sangat rewel.

Biasanya hal tersebut disebabkan konsumsi susu formula atau makan makanan yang memicu produksi gas cukup tinggi di sistem pencernaan. Pada beberapa kasus bisa juga pertanda adanya kelainan bawaan di pencernaan.

Saat anak mengalami kembung biasanya disertai dengan gejala yang sangat khas. Antara lain sangat rewel, sulit tidur, menepuk-nepuk perut, kehilangan nafsu makan dan buang angin dengan aroma yang sangat menyengat tak seperti biasanya.

Kembung juga bisa jadi merupakan gejala dari alergi lactosa di susu sapi. Pada bayi-bayi di bawah usia 6 bulan yang minum susu formula dari susu sapi secara rutin, bisa saja mengalami hal ini.

Jika gejala tersebut muncul pada bayi tak perlu panik. Untuk meredakannya bisa lakukan pijatan ringan di bagian punggungnya. Setelah itu posisikan bayi telentang dan lakukan senam antikembung.

Tarik kaki bayi lurus ke depan kemudian tekuk hingga kaki menempel ke perutnya. Lakukan sambil bernyanyi atau memberinya mainan. Gerakan ini akan membantunya mengeluarkan gas. Bisa juga berikan pijatan " I Love U" di perutnya.

Sumber: VeryWell

Prabowo Sebut Hukum Berat Sebelah, Jokowi Sindir Ratna Sarumpaet

Jangan Lewatkan