Keluhan Saat Masa Nifas yang Ternyata Tanda Bahaya

Perhatikan gejala-gejala berikut.

Mutia Nugraheni
| 24 Januari 2022 10:12

Dream - Setelah melahirkan, tubuh ibu akan melalui proses pemulihan. Salah satu proses yang harus dilewati sebelum benar-benar pulih adalah masa nifas. Masa nifas adalah masa setelah seorang ibu melahirkan hingga organ reproduksinya kembali seperti sebelum hamil.

Masa nifas ini berlangsung kira-kira 6-12 minggu. Dikutip dari KlikDokter.com, darah yang keluar di masa nifas merupakan pembersihan terhadap sisa-sisa kehamilan. Pada umumnya, darah keluar sampai jangka waktu 40 hari.

Setelah masa nifas selesai, diperkirakan fungsi organ reproduksi telah normal kembali seperti sebelum hamil. Siklus menstruasi pun sudah dapat terjadi lagi. Haid pada umumnya akan kembali normal dalam kurun 6-8 minggu setelah melahirkan jika tidak menyusui.

Terlepas dari melahirkan secara normal atau operasi caesar, masa nifas yang ditandai dengan adanya perdarahan dan keluarnya cairan dari vagina. Selama masa nifas, tubuh akan mengeluarkan sisa darah dan jaringan yang tersisa dari rahim saat hamil. Pada minggu-minggu pertama, darah yang keluar biasanya akan lebih banyak dan terlihat seperti gumpalan.

 

 

Selanjutnya :

Waspadai Kondisi Ini

Keseruan Prilly Latuconsina Naik Balon Udara di Turki

Jangan Lewatkan