Keguguran Ternyata Tak Selalu Ditandai dengan Pendarahan

Keguguran cenderung terjadi di trimester awal kehamilan.

Mutia Nugraheni
| 2 Desember 2020 08:03

Keguguran Bisa Disebabkan karena Sel Sperma yang Bermasalah

Dream - Ibu kerap kali merasa jadi penyebab terjadinya keguguran dan merasa bersalah. Hal ini karena ibu memiliki tugas reproduksi untuk mengandung dan menjaga janin lahir dengan selama hingga persalinan.

Banyak dugaan penyebab keguguran berkaitan dengan faktor yang ada pada ibu. Peran ayah atau lebih tepatnya sel sperma, sering kali diabaikan. Padahal bisa saja keguguran terjadi karena kualitas sel sperma yang kurang baik sehingga kehamilan tak bisa bertahan dan terjadi keguguran.

American Society for Reproductive Medicine (ASRM) mencatat bahwa kurang dari setengah dari semua keguguran di Amerika Serikat memiliki penyebab yang dapat diidentifikasi. Hal itu tentu saja memicu frustasi, terutama pada ibu yang mengalami beberapa kali keguguran.

Kualitas Sperma dan Keguguran

"Baru-baru ini penelitian telah melihat secara khusus pada pria dan hubungan kualitas sperma untuk mencapai kehamilan yang sukses. Pakar kesuburan setuju bahwa diperlukan lebih banyak penelitian. Kualitas sel sperma bisa memicu keguguran karena banyak hal," Krissi Danielsson, dokter dan penulis buku After Miscarriage, dikutip dari Verywell.

Mulai dari kromosom abnormal hingga fragmentasi DNA sperma, bisa juga karena gaya hidup calon ayah yang tak sehat. Direkomendasikan bahwa ketika keguguran terjadi, terutama jika berulang, pengujian dan pemeriksaan bukan hanya difokuskan pada ibu tapi juga ayah.

 

 

Selanjutnya :

Masalah Kromosom

Topik Terkait :

Jokowi Resmi Lantik Pengisi Dua Kementerian Baru dan Kepala BRIN

Jangan Lewatkan