Kebiasaan Orangtua yang Bisa Picu Anak Jadi Picky Eater

Anak-anak yang picky eater bukan hanya disebabkan karena preferensi pribadinya saja. Bisa juga karena pengaruh orangtuanya.

Mutia Nugraheni
| 5 Oktober 2020 08:04

Dream - Pernah menyembunyikan sayuran atau makanan yang tak disukai si kecil padahal kaya gizi? Mungkin sebagian besar orangtua melakukannya. Terutama mereka yang anaknya sangat pemilih dalam makanan atau picky eater.

Anak-anak yang picky eater bukan hanya disebabkan karena preferensi pribadinya saja. Tanpa disadari bisa juga karena kebiasaan dan perlakuan orangtua. Frances Largeman-Roth, seorang ahli gizi mengungkap kebiasaan orangtua yang secara tidak sengaja membuat anak jadi picky eater.

Apa saja?

1. Menerima begitu saja
Ada anak yang tak suka ikan. Saat makan di luar tak pernah sekali pun memesan hidangan olahan ikan. Banyak hal yang membuat anak tak suka makanan tertentu karena aroma, cara memasak atau hal yang sebenarnya bisa diperbaiki.

Jika memang anak tak suka makanan tertentu, jangan memproteksinya. Pesan atau makanlah makanan yang tak disukainya. Bisa jadi saat melihat orang lain sangat menikmati ketika memakannya, anak jadi tertarik. Jangan menerima begitu saja preferensi anak.

 

 

Selanjutnya :

2. Menyembunyikan

BERANI BERUBAH: Lepas Gengsi, Jemput Rezeki

Jangan Lewatkan