KB Suntik untuk Pria Pertama di Dunia Segera Dirilis

Dalam waktu 6 hingga 7 bulan suntikan kontrasepsi tersebut bakal dipasarkan.

Mutia Nugraheni
| 26 November 2019 14:02

Dream - Pengaturan dan pengendalian kehamilan selama ini cenderung dibebankan kepada kaum hawa. Padahal untuk bisa hamil dibutuhkan kerja sama pria dan wanita. Produk-produk kontrasepsi yang ada sekarang lebih banyak diperuntukkan bagi wanita.

Sebuah terobosan dilakukan oleh Indian Council of Medical Research (ICMR), sebuah badan penelitian biomedis yang didanai pemerintah India. Dikutip dari Hindustan Times, selama 13 tahun ICMR mengembangkan produk kontrasepsi suntuk bagi pria dan kini telah berhasil melalui uji klinis.

Hanya tinggal menunggu badan berwenang untuk memberikan izin pemasaran. Jika proses berjalan lancar, dalam enam bulan suntikan kontrasepsi untuk pria bakal bisa langsung digunakan secara bebas.

" Produk ini sebenarnya sudah siap, hanya tinggal menunggu persetujuan peraturan yang tertunda oleh badan Pengontrol Obat. Percobaan telah berakhir, termasuk uji klinis fase 3, di mana ada 303 objek penelitian dengan tingkat keberhasilan 97,3% dan tidak ada efek samping yang dilaporkan," kata Dr. RS Sharma, seorang ilmuwan senior, dari ICMR.

 

Selanjutnya :

Dikembangkan dari Senyawa Polimer

Anak Millenial Wajib Tahu, Ini Tips Umroh Tenang Tanpa Utang

Jangan Lewatkan