Kaum Pria, Lakukan Ini Agar Sel Sperma Selalu 'Prima'

Dengan sel sperma yang sehat dan berkualitas maka kemungkinan hamil akan meningkat.

Mutia
| 11 Januari 2018 12:01

Dream - Kehamilan baru bisa terjadi ketika ada pertemuan sel telur dan sel sperma yang sehat. Bagi pasangan yang sedang merencanakan keturunan, bukan hanya calon ibu saja yang harus aktif menjaga kesehatan dan melakukan perawatan.

Para calon ayah juga wajib melakukan hal yang sama. Kebiasaan sehari-hari faktanya sangat berdampak pada kualitas sperma. Untuk itu, kaum pria juga harus selalu menjaga sel spermanya dalam kondisi 'prima' agar bisa membuahi secara efektif.

Dengan sel sperma yang sehat dan berkualitas maka kemungkinan hamil akan meningkat. Apa saja yang harus dilakukan kaum pria?

Perbaiki pola makan
Perbanyak makan jeruk dan buah kaya vitamin C. Termasuk sayur-sayuran, protein serta asupan lain yang mengandung vitamin C and E, zinc dan asam folat. Makanan kaya vitamin dan mineral diketahui bisa meningkatkan kualitas sperma. Bisa juga mengonsumsi suplemen khusus kesuburan.

Lihat kembali obat-obatan yang dikonsumsi
Beberapa obat-obatan dan suplemen seperti obat darah tinggi, obat luka, obat kerontokan rambut diketahui bisa mengurangi kualitas sperma. Untuk itu konsultasikan obat yang Anda konsumsi dengan dokter kesuburan.

Berhenti merokok
Bagi perokok berat, hal ini mungkin yang paling sulit dilakukan. Faktanya, zat-zat beracun dalam rokok yang masuk ke dalam tubuh secara terus menerus akan sangat berdampak buruk pada kualitas sperma dan mengurangi kemampuannya untuk membuahi sel telur. Jadi pilihannya, ingin punya anak atau tetap merokok?

Kurangi olahraga sepeda
Untuk para pria yang suka olahraga sepeda terutama mountain biking, untuk sementara waktu kurangi dulu aktivitas tersebut. Bersepeda berarti duduk di tempat duduk yang kecil dengan celanan ketat dan panas. Hal ini dapat meningkatkan risiko hawa panas di testis yang akan berdampak buruk pada produksi sperma.

Sumber: FitPregnancy

Group band Wali : Gus Ipul pemimpin yang berkah

Jangan Lewatkan