Kata Pertama Bayi Ternyata Bisa Diprediksi

Memori visual adalah titik lompat bagi bayi yang mencoba menghubungkan kata-kata.

Mutia Nugraheni
| 30 Desember 2016 12:00

Dream - Mengetahui sang buah hati sudah bisa bicara tentu menjadi kebahagiaan tersendiri untuk orangtua. Meski orangtua tidak dapat memaksakan kata pertama yang diucapkan bayi tapi dengan dibiasakan, hal ini bisa saja terjadi.

Menurut studi dari Indiana University, kata-kata pertama yang mungkin akan diucapkan bayi saat bisa bicara berasal dari isyarat visual yang sering ia lihat dan dengar.

Sebagai contoh, saat sang ibu merupakan sosok yang paling sering muncul di hadapan seorang bayi dan terus mengajarkan kata " ibu" , memungkinkan kata pertama yang akan bayi ucapkan juga adalah " ibu" .

Hal ini diperkuat dengan mengetahui bagaimana sebenarnya otak bayi berkembang. Hasilnya menunjukkan bahwa memori visual adalah titik lompat bagi bayi yang mencoba menghubungkan kata-kata yang didengar dengan objek yang dilihat.

Dengan demikian, memperkenalkan bayi dengan objek yang ada di sekitarnya sejak dini serta memberi tahu apa namanya, menjadi hal positif yang bisa dilakukan orang tua. Agar ketika ia sudah bicara nanti, ia tidak mengenal dan menyebut suatu objek dengan nama-nama kiasan.

Sumber: Pure Wow

 

Laporan Nanda Febriani

 

Live Streaming Virtual Daihatsu Festival

Jangan Lewatkan