Kandungan Pasta Gigi yang Aman untuk Ibu Hamil

Banyak yang tak tahu kalau pasta gigi berflouride bisa membahayakan bagi ibu hamil.

Cynthia Amanda Male
| 7 Agustus 2019 18:04

6 Fakta Pertumbuhan Gigi Bayi, Banyak Orangtua yang Belum Tahu

Dream - Pertumbuhan gigi bayi untuk pertama kali, umumnya terjadi pada usia 6 bulan, namun setiap bayi memiliki kecenderungan yang berbeda-beda. Ada gigi bayi yang baru tumbuh usia 10 bulan, bahkan ketika berusia satu tahun.

Ada banyak faktor yang mempengaruhi pertumbuhan gigi bayi, seperti faktor keturunan, nutrisi dan masih banyak lagi. Ketika bayi mulai tumbuh gigi, biasanya ada tanda-tanda yang membuat orangtua khawatir.

Bayi memiliki reaksi yang berbeda-beda ketika tumbuh gigi untuk pertama kali. Ada bayi yang tiba-tiba demam, atau menggigit segala sesuatu yang ada di dekatnya. Hal tersebut bukanlah hal yang terlalu serius untuk dikhawatirkan.

Penting bagi orangtua mengetahui tahap perkembangan gigi bayi. Hal ini agar dapat menjaga dan merawat gigi bayi dengan baik dan benar. Berikut beberapa hal tersebut.

Fungsi Gigi Bayi

Ada sebagian orang yang menganggap bahwa kesehatan gigi susu atau gigi bayi tidaklah penting. Padahal faktanya tak demikian.

Parents.com menyebutkan bahwa pernyataan tersebut termasuk dalam mitos pertumbuhan gigi bayi yang tidak berdasar. Mitos tersebut menyebar, karena orang-orang berpikir bahwa gigi susu bayi hanya berusia 5-7 tahun saja, dan nantinya akan lepas untuk berganti dengan gigi dewasa.

Setiap bagian tubuh manusia yang tumbuh memiliki fungsi masing-masing, begitu pula dengan gigi sulung bayi yang baru tumbuh. Menurut pernyataan Homa Amini, Kepala Kedokteran Gigi di Nationwide Childres’s Hospital Ohio, pertumbuhan gigi susu bayi sangat penting untuk memperoleh nutrisi dan makan.

“Selain itu, pertumbuhan gigi bayi yang pertama kali berfungsi untuk membentuk struktur wajah dan untuk menahan ruang gigi untuk gigi dewasa kelak tumbuh,” imbuh Amini.

Jadi, orang tua tidak boleh menyepelekan pertumbuhan gigi bayi. Alasan lain pentingnya pertumbuhan gigi bayi adalah, soal perkembangan bicara. Bayi yang giginya sudah tumbuh akan lebih mudah mengucapkan suara seperti, ‘l, th, dan sh’.

Selanjutnya :

Apa Benar Tumbuh Gigi Membuat Bayi Sakit?

Bukan Pertama Kali, Ini Deretan Kebrutalan Anjing Milik Bima Aryo

Jangan Lewatkan