Kaku Bahu dan Leher Setelah Menyusui, Solusinya...

Posisi menyusui sebaiknya bukan hanya nyaman bagi bayi tapi juga bagi ibu.

Mutia Nugraheni
| 20 Juni 2018 19:42

Dream - Saat menyusui, para ibu cenderung mencari posisi yang paling membuat bayi nyaman. Bergerak sedikit saja, biasanya si kecil akan langsung 'protes' denga tangisannya yang kencang.

Posisi menyusui sebaiknya bukan hanya nyaman bagi bayi tapi juga bagi ibu. Jika hanya nyaman untuk bayi, ibu bisa mengalami keluhan nyeri otot, kaku dan pegal hingga leher dan punggu.

Para ibu pun perlu mencari-cari posisi terbaik saat menyusui. Baik untuk anak maupun ibu. Posisi menyusui yang kerap disukai bayi adalah berada di lengan ibu. Kedua lengan yang dibentuk sudut 90 derajat ini, membuat ibu untuk membungkukkan badan dan kepala agak lama.

Saat diam dalam posisi tersebut cukup lama maka akan merasakan sakit dan nyeri pada bagian lengan. Jika posisi menyusui itu sering dilakukan selama delapan hingga 12 kali perhari, tak heran kalau timbul rasa nyeri yang luar biasa.

Untuk mengatasi rasa sakitnya, Anda bisa melakukan peregangan. Mulailah dengan menarik lengan kanan Anda ke kiri depan (ulangi pada lengan kiri). Kemudian, kedua lengan diarahkan ke belakang dan pegang kedua siku secara berlawanan.

Lalu, lepaskan dan rilekskan kedua bahu sambil perlahan lipat ke depan. Ulangi terus sampai Anda merasa lebih baik. Bisa juga mengatasinya dengan menggunakan bantal kecil untuk menopang bayi sehingga leher dan tangan tidak terlalu nyeri.

Sumber: PureWow

Laporan Dina Nazhifah

Marak Hoax, Tenaga Medis Perangi Misinformasi Covid-19

Jangan Lewatkan