Kabar Gembira, Metode ERACS Saat Caesar Ditanggung BPJS

Bisa jadi pertimbangan para ibu hamil yang menggunakan layanan BPJS.

Mutia Nugraheni
| 29 November 2021 14:06

Dream - Perkembangan dalam dunia kedokteran terutama dalam meminimalkan rasa nyeri pasien sudah sangat pesat. Salah satu yang kini sedang banyak dibicarakan adalah metode Eracs dalam operasi caesar.

Metode tersebut banyak jadi pilihan para ibu yang harus menjalani persalinan caesar karena bisa meminimalkan rasa nyeri. Operasi caesar sebelumnya membutuhkan pemulihan yang cukup lama dengan rasa sakit yang cukup intensif.

Hal tersebut tentu sangat menyiksa, sementara ibu harus menyusui dan mengurus bayinya. Metode Eracs sendiri adalah singkatan dari Enhanced Recovery After Cesarean Surgery yang memungkinkan lama perawatan di rumah sakit tidak lebih dari 24 jam.

Dibutuhkan kerjasama yang solid untuk menjalani operasi ini yaitu Dokter Operator, Dokter Anestesi, Dokter Anak, Dokter gizi dan keperawatan yang dilakukan pada saat pre operasi, intra operasi maupun pasca operasi. Untuk tehnik ERACS memungkinkan pasien sudah dapat duduk sambil menyusui setelah 2 (dua) jam pasca operasi.

 Perkasa! Ini yang Dihadapi Para Ibu Saat Operasi Caesar

Mungkin banyak yang beranggapan kalau operasi dengan teknik ini membutuhkan biaya besar. Kabar gembiranya, bagi mereka pengguna BPJS (Badan Penyelenggara Jaminan Sosial) Kesehatan, operasi caesar dengan metode Eracs ternyata ditanggung. Hal ini dijelaskan oleh dr. Rizal Fitni SPOG dalam akun Instagramnya @rizalfitni.spog.

" Bagi pengguna BPJS, baik itu KIS atau pun BPJS mandiri, dari BPJSnya sebenarnya tak mempermasalahkan kita mau memakai apapun boleh, selama biaya yang dikeluarkan tidak melebihi dari plafon yang dikeluarkan BPJS," ungkap dr. Rizal.

 

 

Selanjutnya :

Percepat Perawatan

Vitalis Eau de Glamour Hijab, Parfum Andalan Hijaber Indonesia

Jangan Lewatkan