Jika Vaksin Covid-19 Siap Ternyata Tak Bisa Langsung Diberikan Pada Anak

Rupanya meski vaksin sudah siap November 2020 mendatang, anak-anak tak bisa lantas mendapatkannya.

Mutia Nugraheni
| 20 Oktober 2020 10:02

Dream - Kematian anak di Indonesia karena virus Covid-19 termasuk yang paling tinggi di Asia Pasifik. Sebuah fakta miris yang membuat sekolah hingga kini tak kunjung dibuka demi menyelamatkan generasi bangsa.

Vaksin jadi pun jadi harapan banyak orang untuk menangkal virus yang bisa mematikan tersebut. Pemerintah Indonesia sudah memesan vaksin dari China dan direncanakan bakal siap pada November 2020 mendatang.

Rupanya, meski vaksin sudah siap, anak-anak tak bisa lantas mendapatkannya. Dikutip dari KlikDokter, Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit Amerika Serikat (CDC) tidak merekomendasikan vaksin virus corona yang pertama kali tersedia untuk diberikan kepada anak-anak. Hal tersebut karena uji klinis yang dilaksanakan selama ini hanya berfokus kepada orang dewasa yang sehat dan tidak hamil.

Hal senada juga diungkapkan oleh dr. Alvin Nursalim, Sp.PD. Menurutnya, pemberian vaksin kepada anak harus didasarkan pada uji klinis yang sesuai dengan usia responden.

“ Jika memang belum dilakukan penelitian, maka vaksin untuk anak belum dapat dilakukan. Semua obat aman diberikan jika sudah lolos penelitian pada populasi sesuai dengan target obat tersebut,” jelas dr. Alvin.

 

Selanjutnya :

Respons Imun Anak Berbeda

BERANI BERUBAH: Peti Mati Menyentuh Hati

Jangan Lewatkan