Jerawat Muncul Setelah Melahirkan? Cari Tahu Mengatasinya

Jangan buru-buru menggunakan obat jerawat.

Mutia Nugraheni
| 29 April 2019 08:10

Dream - Tubuh memang berubah drastis setelah si kecil lahir. Bukan hanya itu, Sahabat Dream pun bisa berhadapan dengan masalah baru, yaitu jerawat. Beberapa ibu mengeluhkan kemunculan jerawat yang cukup banyak di wajah setelah melahirkan.

Padahal selama hamil, wajah mulus tak bermasalah dengan jerawat. Apa yang menyebabkannya? Tentu saja hormon.

" Setelah melahirkan, kadar progesteron dan estrogen menurun drastis. Fluktuasi hormon ini akan membuat kembali menstruasi dan memicu munculnya jerawat setelah melahirkan," kata Ashley Crew, seorang dokter kulit, seperti dikutip dari Self.

Jika mengalami masalah jerawat saat remaja, kemungkinan besar masalah tersebut bakal muncul kembali saat hamil atau setelah melahirkan. Memiliki kondisi kesehatan yang berhubungan dengan hormon (seperti sindrom ovarium polikistik) juga meningkatkan risiko masalah jerawat.

Sebenarnya masalah jerawat ini akan mereda dengan sendirinya. Sekitar enam hingga delapan minggu, jerawat bakal jauh berkurang saat level hormon dalam kondisi stabil.

" Memang harus menunggu, yang harus dilakukan adalah menjaga wajah tetap bersih dengan mencuci muka secara teratur dengan pembersih wajah yang sesuai dengan kondisi kulit," kata Crew.

Menggunakan obat jerawat juga bisa dilakukan. Tapi pastikan berkonsultasi dulu dengan dokter karena, beberapa obat tidak direkomendasikan untuk ibu menyusui. Untuk jerawat yang cukup besar, bisa menggunakan acne patch.

" Demi pengobatan jerawat yang efektif sebaiknya tunggu 8 minggu setelah melahirkan," pesan Crew.

Tips Jitu Menyeimbangkan Karier dan Pendidikan Ala Tiffani Afifa

Jangan Lewatkan