Better experience in portrait mode.
Iklan - Geser ke atas untuk melanjutkan

Jenis Kontrasepsi Ini Bisa Turunkan Risiko Kanker Serviks

Jenis Kontrasepsi Ini Bisa Turunkan Risiko Kanker Serviks Ilustrasi

Dream - Kanker serviks atau mulut rahim termasuk kanker yang banyak menyerang perempuan Indonesia. Kanker ini disebabkan oleh Human Papillomavirus (HPV). Dikutip dari KlikDokter.com. Saat HPV menginfeksi, tubuh akan bereaksi dengan mengirim sel di sistem imun untuk membasmi virus tersebut. Jika gagal, infeksi akan berlanjut sehingga berisiko menimbulkan kanker serviks.

Kanker ini termasuk yang bisa dicegah divaksinasi. Terdapat vaksin kanker serviks yang sangat dianjurkan bagi perempuan. Selain itu, ternyata penggunaan kontrasepsi juga bisa mengurangi risikonya.

Setiap jenis kontrasepsi memiliki cara kerjanya masing-masing untuk mencegah kehamilan. Guna mendapatkan manfaat kontrasepsi dalam mencegah kanker serviks, Sahabat Dream perlu memilih jenis kontrasepsi yang tepat. Beberapa metode KB yang dapat menurunkan risiko kanker, antara lain:

1. Kondom
Salah satu jenis KB yang bermanfaat menurunkan risiko kanker serviks adalah kondom. Disebutkan bahwa kondom lateks, selain mencegah kehamilan, juga menjadi dapat menurunkan risiko infeksi HPV. Untuk mendapat manfaat tersebut, kondom harus digunakan dengan benar. Artinya, mesti mengenakan kondom yang baru sebelum hubungan seksual.

Satu hal yang perlu digarisbawahi, penggunaan kondom dengan benar hanya melindungi area yang tertutup olehnya. Ini berarti bahwa area yang tidak tertutup oleh kondom tetap berisiko terkena infeksi HPV. Pada dasarnya, manfaat kondom dalam menurunkan risiko infeksi HPV bergantung pada lokasi tubuh yang terkena infeksi.

 

2. IUD

Selain kondom, ada pula metode KB lain yang disebut mampu menurunkan risiko kanker serviks. Metode KB ini dikenal dengan sebutan spiral/ IUD alias AKDR (Alat Kontrasepsi Dalam Rahim).

Faktanya, wanita yang menggunakan IUD memiliki angka kejadian kanker serviks lebih rendah 30 persen dibandingkan dengan mereka yang tidak menggunakannya. Diperkirakan bahwa AKDR membantu melawan infeksi HPV sehingga menurunkan risiko kanker serviks. .

Selain itu, penggunaan IUD dapat pula memicu sistem imun jangka panjang berkat reaksi terhadap komponen yang ada di dalamnya. Sistem daya tahan tubuh tersebut juga diduga menyerang virus HPV penyebab kanker serviks yang masuk ke dalam tubuh.

Penjelasan selengkapnya baca di sini.

Muncul Keluhan? Bisa Jadi Pertanda Harus Ganti Kontrasepsi

Dream – Beberapa pasangan memilih untuk menunda kehamilan karena memiliki pertimbangan tertentu. Kini, cukup banyak pilihan alat kontrasepsi yang bisa membantu pasangan untuk melakukan perencanaan kehamilan lebih detail.

Mungkin Sahabat Dream juga menggunakan salah satunya. Sayangnya, tak semua alat kontrasepsi langsung nyaman dipakai. Pada beberapa orang, jenis kontrasepsi tertentu memunculkan keluhan dan rasa tak nyaman.

Memang, tubuh membutuhkan waktu penyesuaian dengan kontrasepsi yang digunakan namun jika terus terjadi keluhan, pertimbangkan untuk mengganti kontrasepsi. Apa saja tandanya?

Pendarahan yang berkelanjutan
Dilansir dari Popsugar, pendarahan bisa menjadi efek samping awal dari metode kontrasepsi hormonal baru. “Hampir semua metode hormonal dapat menyebabkan bercak pada awalnya,” ujar Maria Sophocles, MD, seorang dokter kandungan dan direktur Women’s Healthcare of Princeton.

Keluhan ini bisa terjadi pada mereka yang menggunakan alat kontrasepsi seperto pil KB, patch, ring, suntikan, patch, dan IUD Hormonal. Jika pendarahan terus berlanjut dalam jangka waktu lama, bisa jadi memang tidak cocok.

 

Merasa sakit

Hubungi dokter jika mengalami kram menstruasi yang menyakitkan atau sangat tidak nyaman sampai mempengaruhi kegiatan sehari-hari. Dokter Sophocles menjelaskan, masalah seperti radang usus buntu, radang panggul, dan kehamilan ektopik, perlu disingkirkan terlebih dahulu.

Jika rasa sakit berasal dari menstruasi, beralih ke kontrasepsi hormonal berpotensi membantu. Coba untuk berkonsultasi dengan dokter untuk mencari kontrasepsi yang paling nyaman dan cocok digunakan.

 

Sering lupa konsumsi pil KB

Pil KB perlu diminum setiap hari agar efektif mencegah kehamilan. Kehilangan pil atau lupa meminumnya membuat kontrasepsi ini kurang dapat diandalkan karena meningkatkan peluang untuk kehamilan yang tidak direncanakan.

Jadi, jika sering lupa minum pil KB, mungkin ini saat yang tepat untuk mempertimbangkan metode kontrasepsi yang berbeda. “Jika sulit untuk mengingat pil yang harus diminum, ada banyak pilihan lain yang tidak memerlukan banyak usaha,” kata dr. Sophocles.

Ia memberi contoh long-acting reversible contraceptives (LARC) sebagai pilihan yang sangat baik. Alat kontrasepsi ini mencakup implant lengan (Nexplanon)

Merasa down atau depresi
Jika merasa bahwa kontrasepsi hormonal mengacaukan suasana hati secara negatif, dr. Sophocles merekomendasikan untuk hubungi dokter dan lakukan evaluasi. Ini bisa menjadi pertimbangan untuk mengganti alat kontrasepsi lain.

“Situasi ini dapat terjadi saat menggunakan pil KB dan metode hormonal kombinasi lainnya seperti estrogen plus progesterone,” ujar dr. Sophocles.


Laporan Elyzabeth Yulivia

Geser ke atas Berita Selanjutnya

Cobain For You Page (FYP) Yang kamu suka ada di sini,
lihat isinya

Buka FYP
9 Jenis Makanan yang Mampu Mengurangi Kemungkinan Terkena Kanker
9 Jenis Makanan yang Mampu Mengurangi Kemungkinan Terkena Kanker

Mengonsumsi beberapa jenis makanan tertentu bisa membantu mengurangi kemungkinan terkena penyakit kanker.

Baca Selengkapnya
Alkohol Jadi Pemicu Kanker, Bagaimana Dampaknya?
Alkohol Jadi Pemicu Kanker, Bagaimana Dampaknya?

Alkohol dalam bentuk apapun dapat menjadi pemicu utama penyakit kanker. Yuk, simak!

Baca Selengkapnya
3 Kandungan Skincare yang Tidak Disarankan Dokter Kulit untuk Dipakai Setiap Hari
3 Kandungan Skincare yang Tidak Disarankan Dokter Kulit untuk Dipakai Setiap Hari

Tidak semua kandungan skincare yang terjual di pasaran aman untuk dipakai sehari-hari. Beberapa di antaranya bisa mengiritasi kulit.

Baca Selengkapnya
Kamu sudah membaca beberapa halaman,Berikut rekomendasi
video untuk kamu.
SWIPE UP
Untuk melanjutkan membaca.
Efektif Gak Sih Pakai Skincare Kolagen Mahal? Yuk Cari Tahu
Efektif Gak Sih Pakai Skincare Kolagen Mahal? Yuk Cari Tahu

Untuk mempertahankan kekenyalan kulit dan memperlambat kerutan muncul, skincare kolagen yang banyak beredar di pasaran tampak begitu menggoda.

Baca Selengkapnya
Teknik Eksfoliasi Aman untuk Kulit Sensitif, Tanpa Sebabkan Iritasi
Teknik Eksfoliasi Aman untuk Kulit Sensitif, Tanpa Sebabkan Iritasi

Pahami jenis kulitmu sebelum memilih eksfoliator yang aman digunakan dalam rutinitas perawatan.

Baca Selengkapnya
Kontrasepsi Suntik Diketahui Bisa Tingkatkan Risiko Tumor Otak Pada Wanita
Kontrasepsi Suntik Diketahui Bisa Tingkatkan Risiko Tumor Otak Pada Wanita

Sebuah penelitian yang dipublikasi The British Medical Journal (BMJ) mengungkap soal efek penggunaan kontrasepsi hormonal ini.

Baca Selengkapnya
Keefektifan Penggunaan Kolagen dalam Rangkaian Perawatan Kulit, Nyata atau Palsu?
Keefektifan Penggunaan Kolagen dalam Rangkaian Perawatan Kulit, Nyata atau Palsu?

Banyak orang khususnya wanita yang terobsesi untuk menggunakan produk perawatan berkolagen demi kulit sehat. Yuk, cek keefektifannya!

Baca Selengkapnya
Tepat Memilih Masker Wajah, Beda Masalah Kulit Beda Juga Solusinya
Tepat Memilih Masker Wajah, Beda Masalah Kulit Beda Juga Solusinya

Pilihlah jenis masker yang sesuai dengan kebutuhan kulit kamu untuk hasil yang optimal.

Baca Selengkapnya
Mengenal Terapi Pengobatan Baru untuk Pasien Penyakit Ginjal Kronis (PGK)
Mengenal Terapi Pengobatan Baru untuk Pasien Penyakit Ginjal Kronis (PGK)

Obat ini diklaim dapat memblokir sekelompok protein atau disebut reseptor mineralokortikoid.

Baca Selengkapnya