Jenis Kelamin Janin Bisa Diketahui dari Bentuk Perut Ibu? Ketahui Faktanya

Ada beberapa orangtua yang lebih memilih tak mengetahui, atau bisa juga memprediksi melalui bentuk perut ibu.

Mutia Nugraheni
| 22 September 2020 16:02

Dream - Kondisi perut ibu hamil akan semakin besar seiiring pertambahan usia janin. Semakin buncit perut, makin banyak orang penasaran dengan jenis kelamin janin dalam kandungan.

Sebenarnya, kelamin janin bisa diketahui ketika usia kandungan 16 hingga 20 minggu. Untuk mengetahui secara jelas, dibutuhkan pemeriksaan ultrasonografi (USG). Ada beberapa orangtua yang lebih memilih tak mengetahui, atau bisa juga memprediksi melalui bentuk perut ibu.

Ada mitos jika perut ibu hamil berbentuk dan bulat, maka ia mengandung bayi laki-laki. Lalu, bila perut ibu melebar maka janinnya adalah perempuan. Dikutip dari Sehatq, faktanya bentuk dan ukuran perut saat hamil tidak dapat menunjukkan jenis kelamin bayi.

Terlepas dari apa pun jenis kelamin janin, jika ini merupakan kehamilan pertama atau memiliki otot perut yang kuat, posisi janin bisa terletak lebih tinggi karena dinding perut tidak begitu melar. Sedangkan jika ini bukan kehamilan pertama, dinding perut mungkin sudah meregang sehingga membuat benjolan perut sedikit lebih rendah.

Tak hanya itu, ukuran dan posisi janin juga dapat memengaruhi bentuk perut ibu hamil. Misalnya, ketika bayi bergerak ke area panggul, maka bisa membuat benjolan perut menjadi lebih rendah. Tinggi badan juga memengaruhi bentuk perut ibu hamil. Jika ibua tergolong tinggi, maka benjolan perut cenderung ke depan. Sementara, jika ibu termasuk pendek maka benjolan perut lebih melebar ke samping.

Ini membuktikan bahwa bentuk perut ibu hamil tidak dapat memprediksi jenis kelamin bayi. Oleh sebab itu, untuk mengetahui jenis kelamin bayi yang sesungguhnya, tentu ibu hamil harus melakukan pemeriksaan USG bukan melihat dari bentuk perut.

 

Selanjutnya :

Berbagai macam bentuk perut ibu hamil

Sekolah di Mobil WiFi

Jangan Lewatkan