Jangan Sering 'Bunyikan' Tubuh, Efeknya Ternyata...

Urut tradisional bisa dijadikan pilihan alternatif ketimbang membunyikan tubuh.

Mutia Nugraheni
| 25 Februari 2017 17:01

Dream - Setelah duduk terlalu lama di dalam kendaraan atau mengejar si kecil seharian di playground, tubuh Anda pasti pasti terasa sangat lelah dan pegal. Untuk sedikit meredakan pegal, biasanya menggerakan tubuh hingga berbunyi atau meminta orang lain membunyikan tubuh.

Kebiasaan tersebut sering diistilahkan sebagai cracking. Ternyata kebiasaan ini tak boleh terlalu sering dilakukan karena bisa memicu cedera. Rasa pegal pun sebenarnya tak sepenuhnya hilang, hanya sesaat saja.

" Cracking tubuh memang bisa sedikit menghilangkan microtrauma atau pegal. Me-cracking tubuh memang memiliki efek menghilangkan pegal sesaat, tapi tidak memperbaiki masalah utamanya. Makanya harus diperbaiki langsung ke sumbernya," kata dokter Erick Helia, ahli Chiropractic saat ditemui di acara coaching class yang diselenggarakan oleh Kidzania di Jakarta.

Menurutnya, urut tradisional bisa dijadikan pilihan alternatif ketimbang membunyikan tubuh. Namun dr. Erick menekankan sebaiknya pemijatan dilakukan oleh terapis profesional. Pasalnya jika salah memijat malah membuat otot terasa sakit.

" Pijat atau urut juga bisa mengurangi asam laktat, zat yang diproduksi saat otot kita bermasalah dan kelelahan. Ada cara lain juga yaitu chiropractic," ujarnya.

Chiropractic merupakan perawatan untuk mengatasi keluhan di otot, tulang belakang serta sistem saraf. Termasuk meredakan rasa nyeri dari keluhan tersebut. Biasanya terapi ini diterapkan di area punggung, tulang belakang atau pada bagian tubuh lainnya seperti tangan atau kaki, yang berkaitan dengan otot dan sendi.

 

Laporan Gemma Fitri Purbaya

 

Streaming Catat! Ini Cara Menyimpan Uang Rp75 Ribu Agar Tak Mudah Rusak

Jangan Lewatkan