Jangan Sepelekan Perawatan Fisik dan Mental Ibu Pasca Melahirkan

Penting untuk memastikan ibu memiliki fisik dan mental yang sehat agar bisa mengasuh buah hatinya.

Mutia Nugraheni
| 10 Maret 2021 16:03

Dream – Hari-hari pertama setelah persalinan (periode post-natal) merupakan fase kritis bagi kehidupan ibu dan bayi. Risiko kematian bisa terjadi pada fase ini, namun sayangnya orang-orang justru mengabaikannya.

Menurut World Health Organization (WHO), terdapat 303.000 kasus kematian ibu setiap tahunnya dikarenakan mengalami depresi atau kecemasan selama kehamilan atau pasca kehamilan yang diikuti dengan kelelahan, gangguan nafsu makan, perubahan suasana hati, perasaan kewalahan mengurus bayi dan disfungsi seksual.

Setiap kehamilan memiliki keunikan dan kebutuhannya sendiri, perawatan persalinan dan pasca melahirkan harus dilakukan secara menyeluruh baik secara fisik, psikologis, dan sosial.

" Dianjurkan untuk pemeriksaan setelah melahirkan dan kontak dengan dokter kandungan antara 3 minggu pertama persalinan dan 12 minggu setelah melahirkan,” ujar dr. Ivan M Sondakh, Sp.OG, Klinik Health360 Indonesia pada konfrensi pers Pentingnya Melakukan Perawatan Terpadu Pasca Mealhirkan, Selasa, 9 Maret 2021.

Setela melahirkan, ibu membutuhkan perawatan menyeluruh, baik secara fisik, psikologis, dan sosial. Hal ini agar ibu bisa menjalani pemulihan dengan cepat, mencegah komplikasi, dan juga meningkatkan kualitas hubungan ibu dan bayi.

 

Selanjutnya :

Dukungan Suami dan Keluarga

Topik Terkait :

FRES & NATURAL CAMP 2021

Jangan Lewatkan