Jangan Sepelekan Kondisi Stres Saat Hamil

Stres perlu diatasi, tentunya untuk menjaga kondisi fisik ibu serta janin dalam kandungan.

Mutia Nugraheni
| 6 Maret 2019 10:05

Dream - Kondisi emosi dan psikologis akan sangat naik turun saat hamil. Hal ini lantaran perubahan hormon secara drastis. Level kekhawatiran ibu meningkat, begitu tingkat stres.

Banyak hal yang dipikirkan ibu. Mulai dari kelelahan karena mual dan lemas karena muntah. Ketakutan menghadapi proses persalinan, hingga memikirkan kehidupan setelah hadirnya bayi.

Stres bukanlah sesuatu yang sepele, terutama saat hamil dan jangan dibiarkan begitu saja. Stres perlu diatasi, tentunya untuk menjaga kondisi fisik ibu serta janin dalam kandungan.

Dikutip dari Ivansini.com, coba lakukan langkah-langkah ini untuk mengatasi stres. Jangan segan juga untuk berkonsultasi dengan dokter.

Terapkan pola hidup sehat
Salah satu penyebab munculnya stres adalah gaya hidup yang tidak sehat. Merokok, makan makanan tak sehat, bahkan gosip dengan prasangka buruk juga dapat memicu respons negatif dalam pikiran. Perbaiki pola hidup dan pola pikir.

Lakukan perencanaan detail untuk menerapkan hidup sehat. Misalnya, jurnal makanan menu-menu sehat, catatan aktivitas fisik atau rencana untuk melakukan yoga khusus kehamilan.

Konsultasikan keadaan
Bukanlah suatu hal yang bijak jika stres dibiarkan begitu saja. Langkah pertama, mulailah bicarakan dengan pasangan apa yang dirasakan. Saat konsultasi dengan dokter, jangan malu untuk mengungkapkan apa yang ada di pikiran. Bisa juga menanyakannya pada bidan, sesama ibu hamil atau kerabat.

Relaksasi
Tarik napas dalam-dalam saat Bunda merasa gelisah maupun stres. Salah satu alasan Bunda merasa pusing saat hamil adalah kurangnya asupan oksigen dalam otak Bunda. Dengan napas panjang, oksigen ke otak pun jadi maksimal dan bisa berdampak pada pengurangan level stres. Jangan terlalu memaksakan tubuh, jika kelelahan beristirahatlah.

Selengkapna baca di sini.

Super Junior & TVXQ Tiba di Bali, Siap Berangkat ke Jogja

Jangan Lewatkan