Jangan Sampai Utang, Siapkan Dana Persalinan dengan Matang

Ada waktu kurang lebih 9 bulan untuk menyiapkan dana.

Mutia
| 14 Februari 2018 08:04

Dream - Saat hasil tes kehamilan menunjukan tanda positif, berarti Anda dan pasangan harus segera membuat rencana matang. Terutama dalam hal menyiapkan dana persalinan. Jangan sampai harus mengutang pada banyak pihak untuk menutupinya.

Ada waktu kurang lebih 9 bulan untuk menyiapkan dana. Waktu ini memang boleh dibilang sempit, tapi harus diusahakan bagaimana pun caranya. Langkah pertama adalah periksa fasilitas asuransi kantor.

Beberapa kantor ada yang memiliki fasilitas untuk membiayai persalinan, namun ada juga yang tidak. Untuk itu segera konfirmasi dengan pihak kantor Sahabat Dream atau pasangan. Jika memang ada fasilitas pembiayaan persalinan, tanyakan besarannya. Ada yang menyediakan secara penuh, dengan limit tertentu atau hanya uang dengan jumlah tertentu saja.

Jika sudah tahu detail fasilitas, tentu akan lebih siap dalam menyediakan dana. Setelah itu lakukan survei harga kamar dan layanan persalinan di rumah sakit atau klinik tujuan. Biasanya, sudah terdapat harga paket, sesuai dengan fasilitas kamar. Misalnya, persalinan normal dengan kamar VIP atau kelas 2 atau persalinan caesar dengan fasilitas kamar kelas 1.

Dengan begitu Anda dan pasangan sudah mendapat bayangan biaya yang harus disiapkan. Tentunya selama 9 bulan, mau tidak mau segala pengeluaran yang tidak penting harus ditangguhkan. Fokusnya adalah memenuhi kecukupan dana persalinan.

Untuk besaran dana persalinan, sebaiknya menyiapkan untuk prosedur caesar. Memang jauh lebih mahal, tapi hal ini membuat Anda dan pasangan jadi lebih siap secara finansial jika persalinan normal tak bisa dilakukan. Harga fasilitas persalinan caesar rata-rata RS di Jabotabek saat ini sekitar Rp25 juta hingga Rp 50juta.

Fasilitas BPJS juga bisa digunakan, tapi tentunya sesuai dengan fasilitas dan rujukan yang sesuai. Jika memang persalinan normal tak bisa dilakukan, dokter dari fasilitas kesehatan tingkat pertama akan membuat rujukan ke RS untuk prosedur operasi caesar. Fasilitas kamar yang digunakan maksimal kelas 1.

Hal yang tak kalah penting adalah menyiapkan dana darurat untuk si kecil. Kita tidak tahu apa yang terjadi dengan kondisi si kecil setelah lahir. Bisa jadi ia membutuhkan perawatan intensif di mana biayanya yang sangat besar, bisa sekitar Rp 2 juta hingga Rp 4 juta per hari di neonatal intensive care unit (NICU).

Mengingat biaya persalinan cukup besar, siapkanlah secara matang. Membuat perencanaan keuangan jauh-jauh hari tentu akan lebih baik.

Mana Nama Suzzanna yang Benar

Jangan Lewatkan