Jangan Lupa Ucapkan Hamdallah Saat Bayi Bersin, Alasannya...

Hal ini agar mereka mendapat doa-doa dari orang sekitarnya yang akan membawa kebaikan.

Mutia
| 12 Januari 2018 08:03

Dream - Hidung terasa gatal atau kondisi pilek jadi pemicu bersin dan bisa terjadi kapan pun. Bukan hanya pada orang dewasa tapi juga anak-anak. Pada orang dewasa, setelah bersih sangat dianjurkan menngucapkan " Alhamdulillah" .

Lalu bagaimana jika si bayi kesayangan yang bersin dan belum bisa mengucapkan? Orangtua sangat dianjurkan untuk mengucapkan Alhamdullilah saat bayinya bersin.

Hal ini merujuk pada kebiasaan Nabi Muhammad SAW. Dari Anas bin Malik Radhiyallahu ‘anhu, beliau bercerita,

 HR Bukhari bersin

" Ada 2 orang yang bersin di dekat Nabi Shallallahu ‘alaihi wa sallam. Yang satu beliau doakan, dan yang satu tidak beliau doakan. Ketika beliau ditanya alasannya, jawab beliau, Dia membaca
hamdalah, sementara yang ini tidak membaca hamdalah'” (HR. Bukhari 6221 & Muslim 2991).

Penjelasan lainnya adalah pembacaan hamdallah saat bersin ini bisa diwakili orangtua atau walinya. Dalam Adab Syar’iyah Ibnu Muflih dinyatakan,

" Jika dia bayi, maka yang membaca hamdalah adalah walinya atau orang yang ada di tempat, lalu didoakan seperti itu (yarhamukallah…) (al-Adab as-Syar’iyah, 2/343).

Doa yang dimaksud adalah mengucapkan “ yarhamukallah…”, An-Nawawi mengatakan,

 An-Nawawi

Ini penegasan bahwa perintah mendoakan orang yang bersin, berlaku jika dia membaca hamdalah. Dan berisi penegasan larangan mendoakan orang yang bersin, yang tidak memuji Allah. Karena itu, makruh mendoakan orang yang bersin, yang tidak membaca hamdalah. Jika orang yang bersin itu membaca hamdalah, namun tidak didengar orang, maka dia tidak diperintahkan mendoakannya. Imam Malik mengatakan, “ Tidak perlu mendoakannya sampai dia mendengar yang bersin membaca hamdalah.” (Syarh Sahih Muslim, 18/121).

Untuk itu senantiasa ucapkan Hamdallah saat bayi atau anak-anak bersih. Hal ini agar mereka mendapat doa-doa dari orang sekitarnya yang akan membawa kebaikan.

Selengkapnya baca di sini.

Topik Terkait :

Zwitsal Playdate | Tips Anak Tak Bosan Main di Rumah Saat Musim Hujan

Jangan Lewatkan