Jangan Kaget, Situasi Ini Bakal Dihadapi Saat Melahirkan

Pastikan saja, mental sudah siap saat berjuang melahirkan buah hati tercinta.

Mutia Nugraheni
| 7 November 2018 16:12

Pencukuran Juga Dilakukan Saat Caesar

- Operasi caesar
Meskipun ibu akan menjalani operasi caesar, bulu di area intim tetap harus dibersihkan. Pasalnya, sederet tindakan operasi akan dilakukan di sekitar vagina. Seperti memasang kateter urine, lalu pembedahan di area yang tak jauh dari vagina.

Pencukuran dilakukan untuk mengurangi risiko bulu vagina masuk dan bakteri di dalamnya masuk ke luka operasi yang bisa menimbulkan masalah infeksi.

Fakta lainnya yang juga harus diketahui, kondisi bulu kemaluan yang lembap merupakan tempat 'favorit' mikroba bakteri berkembang biak. Sehingga dengan membersihkan bulu-bulunya akan sangat baik untuk mengurangi risiko terjadi paparan bakteri ke bayi yang baru lahir.

Dengan dicukurnya bulu kemaluan, dokter juga lebih mudah melakukan tindakan apapun. Misalnya penggunaan vakum dalam membantu mengeluarkan bayi saat persalinan normal.

Setelah melahirkan, ibu juga lebih mudah membersihkan area intim yang masih mengalami trauma pasca persalinan. Termasuk mempermudah ibu membersihkan sisa-sisa darah nifas.

Untuk proses pencukuran sendiri ibu bisa melakukannya sendiri di rumah. Tapi, akan lebih baik di rumah sakit dengan alat yang streril dan karena harus dibersihkan cairan antiseptik. Tak perlu ragu untuk membicarakan hal ini pada dokter atau suster yang menangani.

 

Topik Terkait :

Jokowi Resmi Lantik Pengisi Dua Kementerian Baru dan Kepala BRIN

Jangan Lewatkan