Jangan Kaget, Situasi Ini Bakal Dihadapi Saat Melahirkan

Pastikan saja, mental sudah siap saat berjuang melahirkan buah hati tercinta.

Mutia
| 7 November 2018 16:12

Dream - Membaca berbagai buku soal kehamilan dan persalinan, mengikut kelas dan seminar, hingga menonton video seputar persalinan. Persiapan sudah dilakukan, tapi situasi saat melahirkan bisa berbeda dengan dengan apa yang sudah dipelajari dan dibayangkan.

Beberapa kondisi ini kerap dialami ibu saat melahirkan. Jangan kaget jika Anda juga mengalaminya. Pastikan saja, mental sudah siap saat berjuang melahirkan buah hati tercinta.

- Bergetar dan mengigil hebat
Beberapa ibu mengalami gemetar saat kontraksi. Terutama ketika kontraksi kian intensif dan level rasa sakit naik drastis. Biasanya ditandai dengan bertambahnya bukaan. Tubuh ibu gemetar hebat hingga gigi gemeretak.

Bukan kedinginan, tapi respons dari hormon adrenalin, temperatur, serta aliran darah ibu dan bayi. Tubuh juga berusaha beradaptasi dengan nyeri kontraksi luar biasa yang muncul.

- Kelegaan luar biasa saat ketuban dipecahkan
Saat melahirkan ada yang ketuban dipecahkan dokter atau bidan untuk mempercepat proses persalinan. Meski ada juga yang sudah pecah secara alami. Sebelumnya, saat kontraksi air ketuban rembas dan keluar begitu saja tak bisa ditahan.

Tentu saja sangat tidak nyaman ketika air terus keluar dari organ intim. Sehingga saat dipecahkan muncul peraaan lega yang luar biasa.

- Bulu kemaluan dicukur suster
Untuk yang satu ini merupakan prosedur medis. Kondisi organ intim harus bersih dari bulu. Lalu saat ibu sedang kesakitan luar biasa siapa yang melakukannya? Tentu saja suster atau bidan.

Prosedur ini berlaku baik untuk persalinan normal maupun caesar. Jangan kaget jika suster meminta ibu untuk melepaskan pakaian dalam sambil membawa pisau cukur.

Sumber: Mom.me

Selanjutnya :

Alasan Bulu Kemaluan Harus Dicukur Jelang Persalinan

Topik Terkait :

Chris Martin Mendadak Jalani Puasa, Ada Apa?

Jangan Lewatkan