Jangan Kaget, Keluhan Ini Bakal Muncul Setelah Persalinan

Ada yang hitungan hari, minggu atau bulan, keluhan tersebut terjadi.

Mutia Nugraheni
| 6 Juli 2020 14:02

Dream - Setelah melahirkan, ibu pasti akan merasa lega. Bayi lahir dengan sehat dan ibu tinggal melewati masa pemulihan. Penting diketahui kalau kondisi tiap ibu berbeda-beda.

Biasanya ada beberapa keluhan yang umum terjadi pasca persalinan, baik secara normal maupun caesar. Ada yang hitungan hari, minggu atau bulan, keluhan tersebut terjadi.

Bagi ibu yang baru saja melahirkan anak pertama, mungkin akan kaget. Sebagai antisipasi, dr. Sam Hay, spesialis kandungan mengungkap beberapa keluhan paling umum pascapersalinan.

Pendarahan dan kram
Pendarahan mungkin berlanjut atau berhanti hingga enam minggu setelah melahirkan. Bersamaan dengan itu, dapat muncul beberapa kram perut. Ini karena rahim telah meregang selama kehamilan dan sekarang perlu menyusut kembali ke ukuran normal.

" Penyusutan tidak terjadi dalam semalam. Obat penghilang rasa sakit ringan kadang tak bisa meredakan nyeri kram ini. Bersabarlah, jangan memaksakan diri tetapi tak ada salahnya mencoba untuk jalan kaki sebentar atau melakukan gerakan ringan untuk membantu otot bergerak," kata Hay, seperti dikutip dari KidSpot.

 

Selanjutnya :

Sulit buang air besar

Streaming Melihat Deretan Koleksi Busana Terakhir Barli Asmara

Jangan Lewatkan