Jangan Dipaksakan, Ini Kondisi Ibu Hamil yang Sebaiknya Tak Puasa

Tak perlu memaksakan diri jika munculkeluhan berikut.

Mutia Nugraheni
| 4 Mei 2021 08:05

Dream - Ibadah puasa memang begitu spesial bagi umat muslim. Sebisa mungkin kita ingin menjalankannya dengan baik, begitu pun saat hamil. Beberapa ibu hamil memang memiliki kondisi fisik yang prima, sehingga bisa berpuasa secara penuh.

Sayangnya, tak semua ibu hamil dalam kondisi baik. Ada beberapa keadaan yang mengindikasikan kalau ibu lebih baik tak menjalankan ibadah puasa karena alasan kesehatan.

" Jika kehamilannya berisiko ada flek atau sering kram, mual, dan muntah sehingga tidak bisa masuk makanan, maka sebaiknya tidak berpuasa," kata dr Dyah Novita Anggraini, dikutip dari KlikDokter.

Apa saja keadaan dan keluhan yang membuat ibu hamil sebaiknya tak berpuasa?

1. Dehidrasi
Selama hamil, ibu wajib mengonsumsi air putih lebih banyak dari biasanya. Pasalnya, air putih tidak hanya dibutuhkan oleh tubuh ibu, tapi juga janin yang berkembang dalam rahim.

Jika tidak bisa mencukupi kebutuhan cairan selama puasa, maka ibu rentan mengalami dehidrasi. Kondisi dehidrasi dapat menyebabkan kejang dan syok akibat tekanan darah yang terlalu rendah.

Dalam beberapa kasus terburuk, dehidrasi bisa menyebabkan perkembangan janin terhambat dan berisiko cacat lahir. Di samping itu, dehidrasi turut dapat menyebabkan ibu pingsan dan terjatuh. Hal itu berbahaya karena bisa memicu keguguran.

Oleh karena itu, cukupi kebutuhan cairan saat buka puasa dan sahur. Anda bisa mengonsumsi air putih, makan buah yang mengandung air, dan air kelapa sebagai cara mencegah dehidrasi selama puasa.

 

Selanjutnya :

Waspada Keluhan Ini

Jokowi Resmi Lantik Pengisi Dua Kementerian Baru dan Kepala BRIN

Jangan Lewatkan