Jangan Dilarang, Ada Efek Positif Saat Si Kecil Main Gunting

"Gerakan membuka dan menutup gunting membantu anak mengembangkan otot kecil di tangan mereka".

Mutia Nugraheni
| 26 Februari 2018 19:42

Dream - Gunting di rumah biasanya langsung disimpan jika si kecil penasaran ingin memainkannya. Kekhawatiran memicu luka hingga berdarah karena ujungnya yang tajam membuat para orangtua cenderung tak membiarkan bocah balitanya bermain gunting.

Sebenarnya, tak masalah jika si kecil penasaran dan ingin tahu cara menggunakannya. Sahabat Dream bisa membeli gunting khusus balita dari plastik yang cenderung aman. Berikan juga
kertas-kertas bekas untuk diguntingnya.

" Dengan bermain gunting, sebenarnya mengembangkan keterampilan motorik halus yang dibutuhkan balita untuk bisa menggunakan pensil dan belajar menulis," ungkap Nathalie Jillman, seorang praktisi pendidikan usia dini.

Menurut Jillman, memiliki kemampuan motorik halus yang baik akan sangat membantu anak-anak saat mereka memulai proses belajar menulis yang sulit. Mungkin kedengarannya mudah, tapi mengajari anak kecil cara memotong dengan gunting adalah hal yang butuh kesabaran ekstra dan pengawasan ketat.

" Gerakan membuka dan menutup gunting membantu anak mengembangkan otot kecil di tangan mereka atau dikenal sebagai keterampilan motorik halus. Otot-otot ini sangat penting agar jari dan tangannya lebih mudah beradaptasi saat menahan dan mencengkram alat tulis," ujar Jillman.

Belajar menggunting juga membantu anak mengembangkan koordinasi mata dan tangan. Saat satu tangan memegang kertas, sementara tangan lain menggunting dan mata memperhatikan tiap sudut.

" Keterampilan penting lainnya yang dikembangkan melalui aktivitas menggunting adalah koordinasi bilateral. Yaitu melibatkan penggunaan kedua sisi tubuh pada saat bersamaan sementara masing-masing tangan bekerja," kata Jillman.

Anda bisa mulai memberikan gunting saat anak berusia 3 tahun. Berikan contoh bagaimana menggunakan gunting dengan benar. Jika si kecil sudah bisa, biasanya ia akan asyik sendiri dengan gunting dan kertas-kertas yang berserakan.

BERANI BERUBAH: Sayur Online Rezeki Puasa

Jangan Lewatkan