Jaga Kesehatan Rahim dengan Perhatikan 'Alarm' Tubuh

Perempuan wajib tahu cara menjaga kesehatan rahim.

Mutia Nugraheni
| 31 Maret 2021 14:02

Dream - Menjaga kesehatan rahim biasanya baru terpikirkan saat berencana memiliki anak atau setelah menikah. Sebenarnya kesehatan rahim perlu dijaga sejak dini, karena organ satu ini juga kerap bermasalah.

Bisa jadi mengalami masalah infeksi, tumor, kanker atau bahkan ketidaksuburan. Penting bagi perempuan untuk menjaga rahimnya sejak dini. Bagaimana caranya? Mulailah dari lebih peka terhadap kondisi tubuh.

Terutama di area kewanitaan. Misalnya saat muncul keputihan, keluar cairan berwarna dari area intim, atau nyeri panggul. Hal ini merupakan sinyal atau alarm yang diberikan tubuh kalau ada masalah dalam kesehatan rahim.

" Tubuh ada alarm, asal jangan dimatikan, jangan tidak peduli. Tubuh akan memberi sinyal, misalnya flek di luar haid, hubungan seksual berdarah, bisa mengarah kanker leher rahim, ada erosi di mulut rahim. Ada keluhan di saat itulah harus melakukan pemeriksaan," ujar dr. Marinda Suzanta, SpOG, KFer dari RS EMC Tangerang dalam Ngobras Live Instagram Dream.co.id.

Bagi yang sudah aktif secara seksual, idealnya melakukan pemeriksaan secara berkala. Bisa melakukan pap-smear setahun sekali. Hal ini agar masalah di rahim bisa dideteksi secepat mungkin dan penanganan dilakukan lebih efektif.

 

Selanjutnya :

Lihat penjelasan selengkapnya dr. Marinda

Teaser - Merangkai Imaji, Hidupkan Mimpi (Reimagine Travel Through Art) - SingapoReimagine - Visit Singapore

Jangan Lewatkan