Bukan Hanya Orang Dewasa, Kulit Anak Juga Butuh Tabir Surya

Kulit bayi dan anak-anak lebih tipis 40-60 persen dibandingkan kulit orang dewasa.

Cynthia Amanda Male
| 7 November 2018 10:11

Dream - Sinar matahari memang bisa membuat tubuh dan tulang jadi lebih sehat. Bagai pisau bermata dua, paparan sinar matahari ini juga memunculkan masalah bagi kulit.

Mulai dari terbakar, iritasi, hingga yang terparah adalah kanker kulit. Untuk itu kulit butuh perlindungan berupa tabir surya, yang bukan hanya dibutuhkan orang dewasa tapi juga anak-anak.

Kulit bayi dan anak-anak lebih tipis 40-60 persen dibandingkan kulit orang dewasa. Fungsi proteksi kulitnya pun belum matang.

Jika membawa anak ke pantai, main di luar ruangan di siang hari atau beraktivitas fisik dan berolahraga di outdoor pastikan mereka menggunakan tabir surya.

Kini banyak sekali produk tabir surya yang memang khusus diformulasikan bagi anak maupun bayi. " Bayi di atas 6 bulan sudah bisa pakai sunscreen for kids. Kandungannya beda dengan punya orang dewasa," ujar dr. Srie Prihianti, spesialis kulit dan kelamin di Jakarta.

Untuk perlindungan dasar, bayi atau anak-anak membutuhkan tabir surya dengan kandungan SPF (sun protection formula) 30. " Anak butuh physical sunscreen yang hanya melindungi kulit tapi tidak diserap seperti yang chemical," kata dr. Srie.

Aplikasikan tabir surya ke bagian kulit yang paling banyak terkena sinar matahari dengan takaran yang cukup supaya mendapatkan perlindungan efektif. Lakukan beberapa menit sebelum pergi.

" Dipakai 20-30 menit sebelum beraktivitas sebanyak 2 miligram per sentimeter kuadrat atau sama dengan masing-masing 1 sendok teh untuk wajah, lengan dan kaki. 2 sendok teh untuk tubuh," imbuh dr. Srie.

Anda juga bisa mengukurnya dengan jari. Oleskan sunscreen di sepanjang ibu jari dan telunjuk untuk masing-masing area. Khusus untuk berenang, pakaikan tabir surya yang tahan air atau waterproof.

" Pakai sunscreen waterproof setelah pelembap. Jangan lupa langsung mandikan anak setelah renang karena kandungan clorine di air kolam kurang baik untuk kulit anak," kata dr. Srie.

Presiden Resmikan Monumen Kapsul Merauke

Jangan Lewatkan