Jaga Kesehatan Gigi Si Kecil Selama di Rumah Saja

Saat gigi anak bermasalah, asupan gizinya bisa terhambat, begitu pun tumbuh kembangnya.

Mutia Nugraheni
| 26 Oktober 2020 08:02

Dream - Anak-anak yang biasanya penuh dengan aktivitas seperti bermain, les maupun sekolah, kini harus di rumah saja selama pandemi. Rasa jenuh tentu saja muncul dan biasanya waktu di rumah dihabiskan dengan menikmati camilan manis.

Permen, cokelat, susu merupakan asupan favorit anak. Terus menerus mengonsumsi makanan manis dan lengket, tentunya bisa berdampak buruk pada gigi susu anak.

" Rata-rata anak usia 5 hingga 8 tahun mengalami karies gigi. Jika didiamkan bisa membuat anak sulit makan dan asupan gizinya terganggu," kata drg Avianti, spesialis kedokteran gigi anak dalam webinar yang digelar RS Pondok Indah, Jumat 23 Oktober 2020.

Karies pada gigi anak bisa disebabkan oleh beberapa faktor. Antara lain kondisi gigi, gula, bakteri dan waktu. Karies awalnya terlihat seperti bercak putih.

" Awal terjadinya karies dimulai dari lapisan email. Bila dibiarkan, karies akan terus berlanjut ke dentin, biasanya jika mencapai dentin akan muncul nyeri saat ada rangsangan panas, manis dingin. Jika tak dirawat lubang akan mencapai pulpa, dan anak akan merasa sakit dan sering terbangun malam dan menangis kesakitan," ungkao drg Avianti.

 

Selanjutnya :

Camilan Sehat

BERANI BERUBAH: Peti Mati Menyentuh Hati

Jangan Lewatkan