Jadwal Menyusu Teratur Latih Anak Kenali Lapar dan Kenyang

Rutinitas penting bagi bayi dan balita.

Mutia Nugraheni
| 18 Maret 2021 14:02

Dream - Rutinitas sagat dibutuhkan anak untuk membentukan kebiasaan baik sehari-hari. Termasuk dalam hal minum susu dan makan. Sejak bayi, usahakan untuk menyusui si kecil di jam dan waktu yang sama dan teratur.

Hal ini akan membantunya mengenal waktu, dan juga yang tak kalah penting membuatnya mengenali rasa lapar dan kenyang. Dalam edukasi webinar yang digelar oleh Baby Happy dari Wings Care, sr. Kanya Ayu Paramastri, Sp.A mengatakan, jadwal makan dan menyusui yang teratur sangat penting untuk merangsang rasa lapar anak khususnya bila bayi sudah berumur diatas 3 bulan.

Sedangkan, jadwal tidur yang baik sesuai usia anak sangat penting untuk pertumbuhan, perkembangan, kecerdasan intelektual (IQ), pemulihan energi, bahkan juga berdampak pada mental dan emosi anak.

" Sebaiknya, berikan makanan setiap 2-3 jam sekali dengan jeda air putih saja. Sedangkan untuk tidur, tentukan waktu tidur yang konsisten dan pastikan popoknya kering, pakaian dan tempat tidurnya bersih dan nyaman. Anak dianjurkan tidur dalam keadaan kenyang dan biasakan untuk mengenalkan suasana tenang menjelang tidur,” ujar dr.Kanya pada webinar Baby Happy beberapa hari lalu.

Bagi bayi yang berusia lebih dari 6 bulan dianjurkan untuk terbiasa makan maksimal hanya 30 menit. Selain itu membiasakan anak makan di meja makan juga penting, karena makan sambil bersepeda atau berlari akan menimbulkan distraksi saat makan. Jika orangtua belum menerapkan kebiasaan ini, jangan takut untuk memulai mengubah perilaku sehat ini.

Laporan Yuni Puspita Dewi

Selanjutnya :

Cara Hadapi Balita yang Kerap Rewel Saat Makan

Ibunda Amanda Manopo Dibawa Ambulan karena Covid-19

Jangan Lewatkan