Islam Melarang Angkat Rahim Hanya Karena Tak Mau Hamil Lagi

Pengangkatan rahim ini tentu saja akan memutuskan kehamilan yang bersifat permanen.

Mutia Nugraheni
| 27 April 2017 13:56

Dream - Merencanakan kehamilan jadi keputusan penting dalam keluarga. Hal ini terkait kesiapan mental, spritual, fisik dan tentu saja finansial. Alat kontrasepsi jadi salah satu yang bisa digunakan untuk perencanaan kehamilan.

Tapi ada satu hal yang dilarang Islam jika sebuah keluarga tak lagi mau memiliki anak, yaitu mengangkat rahim. Beberapa ibu yang merasa sudah cukup memiliki banyak anak, ada yang akhirnya memutuskan untuk mengangkat rahim agar tak lagi terjadi kehamilan.

Pengangkatan rahim ini tentu saja akan memutuskan kehamilan yang bersifat permanen. Dengan kata lain, mematikan fungsi keturunan secara mutlak. Berbeda dengan kasus KB, di mana pencegahan kehamilan itu hanya bersifat sementara.

Jika demikian, lantas bagaimana hukum pengangkatan rahim sebagaimana ditanyakan di atas? Terdapat keterangan dalam kitab Hasyiyatul Baijuri yang ditulis oleh Syekh Ibrahim Al-Baijuri.

Dalam kitab tersebut dijelaskan, dimakruhkan seorang perempuan yang menggunakan sesuatu atau obat yang bisa mencegah kehamilan. Namun akan berubah menjadi haram apabila ternyata memutus kehamilan secara permanen.

Penjelasan Ibrahim Al-Baijuri ini mengandaikan bahwa yang menjadi titik persoalan dalam kasus penjarangan atau pencegahan kehamilan terletak pada apakah pencegahan itu bisa memutus kehamilan secara permanen atau tidak. Jika permanen, maka jelas diharamkan, sedangkan jika tidak permanen atau bisa dikembalikan seperti semula, maka hanya dihukumi makruh.

Pengangakatan rahim adalah tidak dibenarkan atau haram. Sebab, pengangakatan tersebut mematikan fungsi keturunan secara mutlak. Hal ini tentunya berbeda kasus jika seorang perempuan terpaksa rahimnya diangkat, misalnya atas masukan dari seorang dokter ahli bahwa jika rahim tidak diangkat akan membahayakan jiwanya.

Untuk selengkapnya baca di sini

 

Sumber: NU Online

 

Umroh Bareng Pasangan, Foto Sweet Selebritis Saat di Mekkah

Jangan Lewatkan