Intoleransi Laktosa Bisa Disebabkan Kurangnya Minum Susu

Biasanya, intoleransi laktosa mulai dialami di usia dini.

Cynthia Amanda Male
| 20 September 2019 18:04

Dream - Kondisi intoleransi laktosa pada anak-anak kerap membuat orangtua pusing. Hal tersebut bisa terjadi ketika ususnya, tidak mampu mencerna laktosa. Laktosa merupakan jenis gula yang umum terkandung pada produk susu, termasuk makanan favorit anak seperti es krim.

Dikutip dari HelloSehat, normalnya, usus kecil butuh enzim yang disebut laktase untuk memecah laktosa menjadi gula dalam bentuk lebih sederhana, yaitu glukosa dan galaktosa. Tubuh kemudian menyerap gula sederhana ini ke dalam aliran darah untuk dijadikan energi.

Ketika tidak bisa dicerna dan diserap tubuh, laktosa akhirnya berubah menjadi gas yang menyebabkan munculnya berbagai gejala masalah pencernaan. Biasanya, intoleransi laktosa mulai dialami di usia dini.

Ternyata kondisi tersebut juga bisa muncul ketika beranjak dewasa. Hal ini disebabkan oleh kebiasaan minum susu yang berkurang, sehingga produksi enzim untuk memecah laktosa pun berkurang seiring dengan bertambahnya usia.

" Di Asia, sekitar 80-100 persen penduduknya mengalamilactose intolerant primer. Dan sebagian besar adalah lactose intolerant primer yaitu yang enzimnya cukup ketika lahir tapi karena nggak minum susu, tubuh berhenti menghasilkan enzim laktase," ungkap kata Haekal Anshari, seorang pakar gizi dalam acara Cimory Yolite C+ Kombinasikan Kebaikan Yogurt dan Vitamin C di Jakarta, Kamis 19 September 2019.

Selanjutnya :

Konsumsi Susu Saat Kecil Hingga Dewasa

BJ Habibie Dimakamkan di Samping Ainun Habibie

Jangan Lewatkan