Ini Perubahan Drastis Pada Tubuh Ibu Setelah Persalinan

Apa saja perubahan drastis tersebut?

Mutia Nugraheni
| 12 Desember 2018 10:14

Dream - Hamil, lalu melahirkan dan menyusui. Tiga hal ini merupakan kodrat yang melekat pada seorang ibu. Fase-fase tersebut memiliki kebutuhan yang berbeda-beda bagi bayi.

Allah SWT telah menciptakan tubuh ibu sedemikian rupa sehingga bisa berubah dan beradaptasi secepat mungkin agar bisa menjalani fungsi tiap fase secara optimal. Perubahan signifikan terjadi setelah ibu menjalani persalinan.

Hal ini sangat normal, tapi banyak yang belum mengetahuinya. Apa saja perubahan drastis tersebut?

Tulang
Mungkin terdengar agak ekstrem, tetapi tulang dapat benar-benar melebar selama kehamilan untuk mengakomodasi berat badan bayi. Dua bagian tubuh yang akan berubah yaitu pinggul dan kaki.

Jika berat badan kembali seperti semula setelah memiliki bayi, ibu sebaiknya tidak mengenakan ukuran pakaian atau ukuran sepatu yang sama. Hal ini dikarenakan pinggul dan kaki dapat melebar secara permanen setelah kehamilan dan kelahiran.

Suhu tubuh
Setelah memiliki bayi, ibu akan memproduksi lebih banyak keringat. Tubuh secara aktif mencoba mengeluarkan semua cairan ekstra selama masa kehamilan dan melahirkan.
Untuk itu, gunakan seprai dengan bahan yang dingin dan tipis. Hindari menggunakan kipas angin untuk menjaga suhu tidak menurun.

Rambut
Para ibu pasti pernah mendengar bahwa rambut akan rontok setelah kehamilan, hal ini tidak tepat. Selama kehamilan, tubuh memproduksi folikel rambut ekstra, sehingga memberikan kesan bahwa rambut kamu lebih tebal dan lebih berkilau.

Setelah melahirkan, folikel rambut itu berangsur-angsur hilang, jadi setiap rambut berlebih yang tumbuh akan rontok. Jadi benar bila rambut akan rontok setelah kehamilan, tetapi tidak ada yang perlu dikhawatirkan, karena itu hanya rambut ekstra.

Laporan Mega Rasmiyati/ Verywell

Topik Terkait :

Insiden Menyakitkan Mahkota Mrs Sri Lanka Dicopot Paksa

Jangan Lewatkan