Ini Perawatan Penting Bagi Ibu Hamil yang Terkena Hepatitis B

Bila tak segera tertangani, penyakit hepatitis B bisa berujung pada kanker hati.

Mutia Nugraheni
| 28 Juli 2018 17:34

Dream - Penyakit hepatitis B termasuk penyakit yang sangat mudah menular. Salah satu penularannya adalah melalui ibu kepada bayinya saat masih berada dalam kandungan. Hepatitis B disebabkan virus yang menyerang dan menyebabkan kerusakan hati kronis.

Bila tak segera bisa berujung pada kanker hati. Untuk itu pada ibu yang terdeteksi mengalami hepatitis B saat hamil, maka dokter akan memberi penanganan yang lebih intensif.

" Di dalam kandungan, jika ibu kena hepatitis B, maka bayi tidak diapa-apain (tidak diintervensi). Bayi baru diintervensi setelah lahir," kata Ketua PB Perhimpunan Peneliti Hati Indonesia, dr. Irsan Hasan spesialis penyakit dalam gastroenterologi RS Cipto Mangunkusumo, saat ditemui di Plaza Kuningan, Jakarta.

Setelah lahir, bayi dari ibu yang positif hepatitis B akan divaksin. Vaksin juga harus segera dilakukan setelah lahir dan tidak boleh menunggu lama, apalagi hingga berhari-hari.

" Ada beberapa ibu, yang memang keberatan kalau anaknya divaksin setelah lahir. Maunya ya seminggu kemudian, tapi kalau begitu virus hepatitis B sudah telanjur masuk ke hati bayi," ungkap Irsan.

Ia juga mengungkap ada beberapa intervensi yang diberikan pada ibu hamil yang positif hepatitis B. " Walau ibu sudah divaksin dan dikasih immunoglobulin (antibodi), bayi bisa terkena hepatitis B juga (5 persen). Intervensi pada ibu, yaitu ibunya minum obat selama tiga bulan jelang melahirkan," ungkapnya.

Intervensi yang dilakukan pada ibu hamil tersebut merupakan kebijakan baru dari Perhimpunan Peneliti Hati Indonesia untuk menangani kasus hepatitis pada ibu hamil, tapi belum menjadi kebijakan pemerintah.

" Kita mengharapkan, kalau vaksin dan immunoglobulin sudah bagus, maka ke depannya, ini (pemberian obat pada ibu hamil selama tiga bulan jelang melahirkan) yang harus dikerjakan," ungkap Irsan.

Sumber: Fitri Haryanti Harsono/ Liputan6.com

Tips Jitu Menyeimbangkan Karier dan Pendidikan Ala Tiffani Afifa

Jangan Lewatkan