Ini Penyebab Utama Meninggalnya Ibu Saat Bersalin

Dalam kasus ini pengawasan dokter harus dilakukan selama 24 jam secara intensif.

Mutia Nugraheni
| 19 Maret 2018 10:04

Dream - Wulan Mayasari, istri dari penyanyi Aunur Rofiq Lil Firdaus atau akrab disapa Opick meninggal dunia setelah menjalani proses persalinan. Kabarnya, Wulan mengembuskan napas terakhir 9 jam setelah melahirkan buah hatinya.

Kondisi ini tentu sangat memilukan. Di mana kondisi Wulan berada di kota besar, dengan akses kesehatan dan tenaga medis yang lengkap dan mumpuni. Belum diketahui secara detail
pemicu utama meninggalnya Wulan setelah melahirkan.

Namun perlu Sahabat Dream ketahui, ada faktor pemicu utama meninggalnya ibu saat bersalin di Indonesia. Menurut data dari Direktorat Kesehatan Kementerian Kesehatan Republik
Indonesia dalam periode 2010 hingga 2013, penyebab kematian tertinggi di Indonesia adalah perdarahan.

Kondisi perdarahan sebenarnya merupakan hal normal yang terjadi pada ibu saat dan setelah melahirkan. Seperti dikutip dari Bidanku, perdarahan postpartum atau perdarahan pasca
melahirkan normal adalah perdarahan dengan jumlah lebih dari 500 ml setelah bayi lahir.

Jika perdarahan yang terjadi cukup berat, darah yang keluar dari tubuh ibu dalam jumlah di atas 500 ml. Salah satu penyebabnya bisa jadi karena atoni uteri.

Kondisi Atoni Uteri yaitu ketika rahim yang seharusnya terus berkontraksi untuk mengeluarkan plasenta, tidak berkontraksi dengan baik.

Efeknya adalah perdarahan hebat terjadi dan sangat berbahaya bagi kondisi ibu. Dalam kasus ini pengawasan dokter harus dilakukan selama 24 jam secara intensif, transfusi darah bisa jadi salah satu cara untuk menstabilkan kondisi ibu.

Dokter Dyah Mustikaning Pitha Prawesti, Sp.OG, atau akrab disapa dr. Pitha pernah menyoroti kasus perdarahan pasca persalinan di Indonesia beberapa waktu lalu.

Dokter Indonesia spesialis kandungan yang bekerja di sebuah rumah sakit di Inggris, mengungkap fakta yang cukup mengejutkan.

Selanjutnya :

Fakta Mengejutkan Soal Kematian Ibu

Menko Muhadjir Memutuskan PPKM Darurat Diperpanjang - DreamID

Jangan Lewatkan