Better experience in portrait mode.
Iklan - Geser ke atas untuk melanjutkan

Ikatan Dokter Anak Indonesia Angkat Bicara Soal Pembukaan Sekolah 2021

Ikatan Dokter Anak Indonesia Angkat Bicara Soal Pembukaan Sekolah 2021 Ilustrasi (Foto: Shutterstock)

Dream - Rencana pembukaan sekolah di saat pandemi pada semester ganjil, tepatnya pada awal 2021 mendatang mengundang sejumlah polemik. Pasalnya, keputusan yang ditetapkan oleh 4 Kementerian itu dilakukan dalam situasi kasus Covid-19 di Indonesia belum terkendali.

Angkanya jumlah kasus pada Desember 2020 malah beranjak naik, dan belum ada tanda penurunan signifikan. Nadiem Makarim, Menteri Pendidikan dan Kebudayaan, mengungkap beberapa waktu lalu kalau meski sekolah dibuka, akan diberlakukan protokol kesehatan ketat dan tidak seperti dulu.

Terkait rencana tersebut Ikatan Dokter Anak Indonesia (IDAI) memberikan tanggapan. Lewat surat pernyataan yang diunggah di situs resminya IDAI mengungkap fakta soal tingginya kasus kematian anak karena Covid-19 di Indonesia. Data pada 29 November 2020 menunjukkan proporsi kematian sebesar 3,2 % merupakan yang tertinggi di Asia Pasifik.

"Pembukaan sekolah untuk kegiatan belajar mengajar tatap muka mengandung risiko tinggi terjadinya lonjakan kasus covid-19 karena anak masih berada dalam masa pembentukan perilaku hidup yang baik agar menjadi kebiasaan rutin. Ketika protokol kesehatan dilanggar baik sengaja maupun tidak, maka risiko penularan Covid-19 akan meningkat sangat tinggi," ungkap pernyataan dari IDAI.

 

Lebih Baik Belajar di Rumah

Untuk itu IDAI lebih merekomendasikan aktivitas pembelajaran jarak jauh (PJJ). Rekomendasi ini dilakukan dengan melakukan sejumlah panduan, baik dari WHO serta data-data kasus Covid-19 di Indonesia.

"Menimbang dan memperhatikan panduan dari World Health Organization (WHO), publikasi ilmiah dan publikasi media massa dan data covid-19 di Indonesia, maka saat ini IDAI memandang bahwa PJJ lebih aman," tulis IDAI.

Dalam surat pernyataan yang dikeluarkan 1 Desember 2020 itu IDAI juga meminta kepada pemerintah untuk melakukan peningkatan kapasitas contact tracing dan tata laksana kasus Covid-19. Tak lupa IDAI meminta para orangtua untuk tetap sabar mendampingi buah hatinya selama pandemi.

"Perubahan besar yang terjadi selama masa pandemi akan menjadi bagian dari potret kehidupan anak yang sedang beranjak dewasa. Karena itu peran orangtua, keluarga, guru, serta lingkungan terdekat anak untuk mendidik dengan sabar dan konsisten sejak dini sangatlah penting. Semoga anak Indonesia selamat melewati pandemi ini," pesan dalam surat IDAI yang ditandatangani oleh Profesor Aman Pulungan (Ketua IDAI) dan dr. Hikari Ambara Sjakti (Sekretaris Umum IDAI).

Ribuan Anak Dites Covid-19, Ini Gejala yang Paling Sering Muncul

Dream - Demam dan sesak napas, jadi gejala Covid-19 yang sangat menyiksa pada pasien dewasa. Kondisi semakin parah jika yang terjangkit memiliki penyakit bawaan seperti diabetes, darah tinggi dan asma.

Bagaimana gejala covid-19 pada anak, apa yang paling sering muncul? Sebuah penelitian dilakukan tim dari University of Alberta, Kanada dengan melakukan tes Covid-19 pada ribuan anak.

Hasilnya, sakit perut, anosmia (kehilangan kemampuan untuk mencium aroma dan merasa), demam dan sakit kepala adalah gejala yang paling memprediksi hasil tes positif. Fakta lainnya yang cukup mencengangkan adalah sepertiga dari anak-anak dan remaja yang diketahui positif Covid-19 tidak menunjukkan gejala.

"Lebih dari sepertiga pasien anak-anak yang dites positif terinfeksi SARS-CoV-2 tidak menunjukkan gejala, mengidentifikasi anak-anak yang kemungkinan terinfeksi merupakan tantangan. Memang, proporsi infeksi SARS-CoV-2 tanpa gejala pada anak-anak adalah mungkin jauh lebih tinggi daripada yang telah kami laporkan, mengingat kemungkinan bahwa banyak yang tidak hadir untuk pengujian," dr. Finlay McAlister, dari University of Alberta, dikutip dari WebMD.

Anosmia

Batuk dan pilek juga sering muncul pada anak yang terinfeksi Covid-19. Para peneliti mengatakan keluhan yang sama itu umum di antara anak-anak yang dites negatif dan tidak dapat dianggap sebagai tanda-tanda infeksi COVID-19.

Penelitian dilakukan pada lebih dari 2.400 anak di provinsi Alberta, Kanada, yang dites virus Covid-19 antara 13 April dan 30 September 2020. Gejala covid-19 yang paling sering muncul pada anak adalah kehilangan kemampuan membau /merasa (anosmia), ini tujuh kali lebih tinggi pada anak-anak dengan Covid-19.

Untuk gejala sakit perut lima kali lebih mungkin, dan sakit kepala dua kali lebih mungkin. Semantara gejala demam 68% lebih mungkin terjadi pada anak-anak dengan hasil tes positif Covid-19.

 

Cenderung Tanpa Gejala

Pada anak-anak yang kehilangan penciuman/ rasa, juga mengeluhkan sakit kepala dan sakit perut, kemungkinan hasil tes positifnya 65 kali lebih tinggi dibandingkan dengan anak-anak dan remaja tanpa gejala-gejala tersebut.

“Mengingat tingginya proporsi anak-anak dengan SARS-CoV-2 yang tetap asimtomatik (tanpa gejala), tidak mungkin strategi skrining gejala apa pun akan mencegah setiap anak dengan infeksi SARS-CoV-2 untuk memasuki sekolah," dr. Nisha Thampi, seorang dokter spesialis anak di Rumah Sakit Anak Ontario.

Oleh karena itu, langkah-langkah kesehatan dan keselamatan berbasis sekolah di luar skrining seperti jarak fisik, kebersihan tangan, peningkatan ventilasi dan belajar di luar ruangan - memainkan peran penting dalam mencegah penyebaran infeksi. Sekolah-sekolah di Kanada sudah mulai dibuka sejak September 2020 setelah dilaporkan nol kematian karena Covid-19.

ATAU
Geser ke atas Berita Selanjutnya

Cobain For You Page (FYP) Yang kamu suka ada di sini,
lihat isinya

Buka FYP
Musim Hujan, Dokter Anak Ingatkan Waspada Serangan ISPA

Musim Hujan, Dokter Anak Ingatkan Waspada Serangan ISPA

ISPA adalah infeksi yang mengganggu pernapasan yang disebabkan oleh virus yang menyerang hidung, trakea, bahkan paru-paru.

Baca Selengkapnya
Anak Belajar Puasa, Dokter Ingatkan untuk Lakukan Bertahap

Anak Belajar Puasa, Dokter Ingatkan untuk Lakukan Bertahap

Dokter Ade Indrisari, spesialis anak menjelaskan kalau sebaiknya anak diajarkan puasa dengan bertahap di usia 7 tahun.

Baca Selengkapnya
Pesan Dokter Anak Biar Si Kecil Sealalu Fit di Perjalanan Panjang Saat Liburan

Pesan Dokter Anak Biar Si Kecil Sealalu Fit di Perjalanan Panjang Saat Liburan

Perhatikan betul kenyamanan anak dan asupannya selama perjalanan.

Baca Selengkapnya
Kamu sudah membaca beberapa halaman,Berikut rekomendasi
video untuk kamu.
SWIPE UP
Untuk melanjutkan membaca.
Prabowo Janji Bangun 300 Fakultas Kedokteran: Kita Kekurangan 140 Ribu Dokter

Prabowo Janji Bangun 300 Fakultas Kedokteran: Kita Kekurangan 140 Ribu Dokter

Prabowo juga menyatakan akan mengirim 10 ribu anak-anak pintar dari SMA, lulusan SMA, ke luar negeri untuk belajar kedokteran.

Baca Selengkapnya
Menyamar jadi Dokter, Bapak Palsukan Kematian karena Nunggak Tunjangan Anak Rp1,6 M ke Mantan Istri

Menyamar jadi Dokter, Bapak Palsukan Kematian karena Nunggak Tunjangan Anak Rp1,6 M ke Mantan Istri

Pria ini memalsukan kematiannya sendiri agar terhindar dari bayaran tunjangan anak

Baca Selengkapnya
Dokter Kandungan Dampingi Istri Melahirkan, Awalnya Agak Tegang Akhirnya Melegakan

Dokter Kandungan Dampingi Istri Melahirkan, Awalnya Agak Tegang Akhirnya Melegakan

Berprofesi sebagai dokter kandungan, ia tampak sedikit tegang ketika mendampingi sang istri saat melahirkan.

Baca Selengkapnya
Imunisasi Dasar Gratis untuk Anak Bertambah 3, Ini Daftarnya

Imunisasi Dasar Gratis untuk Anak Bertambah 3, Ini Daftarnya

Sebelumnya, anak-anak mendapatkan 11 jenis imunisasi gratis dan kini bertambah tiga, total menjadi 14 jenis.

Baca Selengkapnya
Alasan di Balik Larangan Ikat Rambut Berwarna untuk Anak SD di Jepang

Alasan di Balik Larangan Ikat Rambut Berwarna untuk Anak SD di Jepang

Orangtua sampai ditelepon pihak sekolah jika anaknya kedapatan pakai kunciran warna-warni.

Baca Selengkapnya
BUNGKUS! Teka Teki Tagline Makanan

BUNGKUS! Teka Teki Tagline Makanan

Sahabat Dream tebak-tebakan lagi yuk. Kira-kira kalian pada tahu gak jenis makanan apa dari tagline iklan ini? Berapa banyak yang kalian bisa tebak?

Baca Selengkapnya