IDAI Ingatkan Anak Vaksin Covid-19 Lengkap Baru Bisa Sekolah

Bagaimana faktanya di lapangan?

Mutia Nugraheni
| 5 Januari 2022 12:05

Dream - Sekolah-sekolah di banyak daerah, khususnya Jadebotabek akhirnya dibuka di semester kedua, mulai awal Januari 2022. Pembelajaran tatap muka (PTM) terbatas dilakukan setelah program vaksinasi Covid-19 untuk anak usia 6 hingga 11 tahun dilakukan.

Sayangnya, pemberian vaksin dosis pertama hingga kini belum merata. Vaksinasi Covid-19 masih berpusat di kawasan Jabodetabek, dan belum merata ke daerah lain.

Anak-anak yang sekolah di Jabodetabek pun baru mendapatkan vaksin Covid-19 dosis pertama pada akhir Desember 2021 kemarin. Jarak vaksin pertama dan kedua sekitar 28 hari, sehingga saat ini sebagian besar anak usia Sekolah Dasar (SD) belum mendapatkan vaksin Covid-19 dalam dosis penuh.

Sementara, Ikatan Dokter Anak Indonesia (IDAI) melalui pernyataan resmi Ketua Umumnya, Dr. Piprim Basarah Yanuarso, Sp.A(K) merekomendasikan agar anak bisa sekolah tatap muka jika sudah mendapat vaksin dengan dosis penuh.

" Untuk membuka pembeljaran tatap muka 100% guru dan petugas sekolah harus sudah mendapatkan vaksin Covid-19. Anak dapat masuk sekolah adalah anak yang sudah diimunisasi Covid-19 lengkap dua kali dan tanpa komorbid," ujar Dr. Piprim, dalam video yang diunggah di Instagram resmi IDAI, @idai_ig.

 

Selanjutnya :

Varian Omicron

Menu-menu di Rumah Makan Gratis Milik Baim Wong

Jangan Lewatkan