Ibu Hamil Wajib Cek Gula Darah, Ini Alasannya

Diabetes dapat muncul pada masa kehamilan, bahkan tanpa adanya riwayat penyakit diabetes sama sekali.

Mutia
| 14 November 2017 19:38

Dream - Kehamilan cenderung membuat ibu jadi lebih berisiko memiliki level kadar gula yang tinggi. Hal ini karena banyaknya hormon yang diproduksi oleh plasenta. Efeknya adalah ibu bisa saja mengalami penyakit Diabetes Mellitus Gestasional (GDM).

Jenis diabetes tersebut dapat muncul pada masa kehamilan, bahkan tanpa adanya riwayat penyakit diabetes sama sekali. Banyak juga para ibu yang tak tahu kalau dirinya mengalami diabetes.

" Kira-kira 1 dari 7 kelahiran dipengaruhi oleh GDM yang seringkali diabaikan. Sekitar 2/3 masyarakat tidak tahu kalau mereka menderita diabetes, dan hanya 1/3 penyandang yang rutin ke dokter," ujar Lily Sriwahyuni Sulistyowati, selaku Direktur Pencegahan & Pengendalian Penyakit Tidak Menular Kementrian Kesehatan RI di Jakarta, 14 November 2017.

GDM memiliki efek yang berbahaya bagi ibu hamil dan janin. Meskipun bersifat sementara, GDM dapat meningkatkan risiko ibu hamil untuk terserang diabetes tipe 2 dalam rentang waktu 5 - 10 tahun pasca melahirkan.

Pada diabetes tipe 2, tubuh semakin sulit mengontrol kadar gula darah karena kurangnya produksi insulin. Kemampuan saraf untuk menerima rangsangan juga semakin menurun. Ditambah lagi dengan adanya risiko gangguan penglihatan, pendengaran serta ginjal.

Janin juga berisiko mengalami obesitas. Pada umumnya, bayi yang lahit dari ibu hamil penyandang diabetes memiliki berat awal 4 kg, jauh di atas angka berat badan normal yakni 2,6kg. Bayi yang terlalu besar akan mempersulit proses persalinan dan berisiko tinggi mengalami komplikasi.

Tak sulit untuk menjaga kesehatan ibu hamil dan bayi saat hamil agar terhindar dari GDM. Pengecekan rutin ke dokter kandungan dan penyakit dalam dapat membantu mendeteksi potensi GDM. Nantinya dokter akan menyarankan untuk pemeriksaan kadar gula darah secara detail. Ibu hamil juga disarankan untuk berkonsultasi dengan ahli gizi guna menyiapkan pola makan dengan gizi seimbang.

Laporan Annisa Mutiara

 

 

 

 

Nenek Rocker Laila Sari Meninggal Dunia

Jangan Lewatkan