Ibu Hamil, Ucapkan Ini Saat Kaki dan Tangan Kesemutan

Ucapan diamalkan oleh para sahabat Rasulullah SAW saat mengalami kram atau kesemutan pada salah satu anggota tubuhnya.

Mutia
| 9 Maret 2018 16:03

Dream - Salah satu masalah yang sering dialami ibu saat hami adalah kram dan kesemutan. Terutama jika kehamilan sudah besar di atas 7 bulan. Setelah duduk atau diam dalam posisi lama lalu bergerak, muncul sensasi rasa kaku dan kebas yang merambat.

Kesemutan bisa terjadi pada area kaki atau tangan. Hal tersebut biasanya muncul karena adanya tekanan yang tak normal pada syaraf dan posisi tubuh yang salah. Sementara kram
cenderung dirasakan saat ibu hamil melakukan gerakan tiba-tiba dari posisi santai atau diam.

Saat pagi ketika bangun tidur, kram ini sering muncul. Lalu bagaimana menghadapi keluhan kram dan kesemutan pada ibu hamil? Selain menarik dan membuang napas secara perlahan,
ternyata ada ucapan tawasul yang sangat dianjurkan untuk diucapkan.

Ucapan ini diamalkan oleh para sahabat Rasulullah SAW saat mengalami kram atau kesemutan pada salah satu anggota tubuhnya. Di sinilah salah satu keistimewaan tawasul kepada Nabi SAW sebagai riwayat berikut ini:

 Darul Hadist

Artinya: Diriwayatkan kepada kami di kitab Ibnu Sunni dari Al-Haitsam bin Hanasy, ia berkata, ‘Ketika kami berada di dekat Abdullah bin Umar RA, lalu ia merasa kakinya tak dapat digerakkan, seseorang menganjurkan, ‘Sebutlah nama orang yang paling kaucintai.’ Ibnu Umar RA menyebut, ‘Ya Muhammad (shallalahu alaihi wa sallam).’ Lalu ia merasa seperti bebas dari belenggu,’” (Lihat Imam An-Nawawi, Al-Adzkar, Kairo, Darul Hadits, 2003 M/1424 H, halaman 287).

Lafal yang diucapkan yaitu langsung ditujukan pada Nabi Muhammad SAW. Cukup sederhana namun sangat menenangkan:

 Salawat Nabi

Ya Muhammad, shallallahu alaihi wa sallama

Artinya: “ Wahai junjungan kami, Muhammad shallallâhu alaihi wa sallama.”

Penjelasan selengkapnya lihat di sini.


Sumber: NU Online

Topik Terkait :

Ini Alasan Pemerintah Kucurkan Dana Desa

Jangan Lewatkan