Ibu Hamil Siapkan Diri, Perubahan yang Muncul Setelah Persalinan

Beberapa ibu merasa terkaget-kaget dengan perubahan ini.

Mutia Nugraheni
| 8 Oktober 2021 12:04

Dream - Menjadi ibu merupakan anugerah terindah bagi sebagian besar wanita. Banyak tantangan dalam menjadi seorang ibu. Mengandung selama 9 bulan dan melahirkan bukanlah proses yang pendek dan mudah untuk dilalui.

Beberapa jenis persalinan seperti normal, caesar atau water birth memiliki efek tersendiri. Salah satunya perubahan tubuh dan emosional. Beberapa ibu merasa terkaget-kaget dengan perubahan ini.

Untuk itu para ibu hamil, tak ada salahnya untuk bersiap jika menghadapi hal-hal berikut.

Sakit saat buang air
Nyeri saat buang air kecil (BAK) setelah melahirkan secara spontan (normal) sering terjadi. Keluhan sakit saat BAK yang terjadi selama 6 minggu pertama, dapat disebabkan oleh luka bekas robekan yang terjadi saat proses persalinan. Jika nyeri terlalu lama dan berkelanjutan, disarankan untuk memeriksakan diri ke dokter kandungan.

Kerontokan rambut parah
Menurut American Academy of Dermatology, banyak ibu baru mengalami kerontokan rambut yang nyata beberapa bulan bahkan hingga satu tahun setelah melahirkan. Dermatologis menyebut kondisi ini sebagai " kerontokan rambut yang berlebihan," dan disebabkan oleh penurunan kadar estrogen. Meskipun mengkhawatirkan, nantinya akan sembuh dengan sendirinya.

Kebanyakan ibu akan merasakan kondisi rambut mereka kembali normal pada ulang tahun pertama anak. Dengan menggunakan sampo penambah volume dan menghindari memakai pengering rambut secara berlebihan dapat membantu.

 

Selanjutnya :

Kram dan Baby Blues

Webinar Ruang Keluarga So Klin Antisep

Jangan Lewatkan