Ibu Hamil Sangat Butuh Tidur Siang, Ini Alasannya

Saat hamil, ibu lebih mudah lelah dan membutuhkan istirahat yang lebih lama dan berkualitas.

Mutia
| 9 Agustus 2018 10:11

Dream - Rasa kantuk pada saat hamil biasanya sangat tidak tertahankan. Bukan hanya muncul saat malam, tapi juga siang dan sore hari. Jika Sahabat Dream sering mengalaminya saat hamil jangan melawan rasa kantuk yang ada.

Tidur dan pejamkan mata meskipun hanya sebentar. Ibu hamil memang sangat membutuhkan tidur siang dan istirahat lebih lama. Hal ini bukan tanpa alasan. Saat hamil, ibu lebih mudah lelah dan membutuhkan istirahat yang lebih lama.

Bukan hanya tidur saat malam tapi juga tidur siang. Tak heran ketika kehamilan kian besar, biasanya ibu makin mudah mengantuk. Tak hanya itu, momen tidur siang ibu juga akan berdampak positif bagi perkembangan janin dalam kandungan.

" Ada hubungan antara kesehatan janin dan kebiasaan tidur ibu. Masalah seperti berat lahir rendah, pertumbuhan janin, atau persalinan prematur diketahui juga berkaitan dengan rendahnya kualitas tidur ibu," ujar Jane Warland, profesor dari University of South Australia.

Warland dan timnya melakukan penelitian bagaimana dampak kebiasaan tidur ibu hamil terdapat kesehatan janin. Dari hasil penelitian diketahui kalau durasi dan kualitas tidur sangat berdampak pada kesehatan anak kelak.

" Posisi tidur ibu juga sangat berpengaruh pada kesehatan janin. Salah satunya, saat ibu tidur telentang akan berdampak negatif pada janin karena mengurangi asupan oksigen dan nutrisi," ungkap Warland.

Ia juga mengungkap kalau ibu yang mengalami masalah tidur, akan meningkatkan risiko kelahiran prematur. Jadi, usahakan saat sedang hamil ibu tetap tidur dengan berkualitas, baik saat tidur malam maupun siang.

Sumber: KidSpot

Ternyata Rhoma Irama Seorang Vyanisty!

Jangan Lewatkan