Ibu Hamil Positif Covid-19 Lebih Berisiko Keguguran

Imunitas ibu hamil tak sebaik orang normal, reaksi Inflamasi pun meningkat.

Mutia Nugraheni
| 8 Oktober 2020 12:04

Dream - Virus Covid-19 menular dengan sangat mudah. Bukan hanya mengancam kondisi mereka yang memiliki riwayat penyakit, tapi juga para ibu yang tengah mengandung. Menjalani kehamilan di masa pandemi memang penuh perjuangan.

Ibu harus ekstra dalam melindungi diri dan janin agar tak tertular Covid-19. Caranya dengan tetap di rumah, menjaga jarak, memakai masker, rutin mencuci tangan. Bagaimana jika ibu hamil tertular Covid-19?

Bagi ibu hamil yang positif Covid-19, tentunya dibutuhkan penanganan khusus, baik oleh dokter spesialis kandungan dan dokter spesialis paru. Pasalnya, imunitas ibu hamil tak sebaik orang normal.

Inflamasi pun meningkat karena virus Covid-19. Pada gilirannya hal ini juga bisa menyebabkan keguguran. Menurut dr. Yassin Bintang SpOG, dari RS Pondok Indah, dalam webinar Antenatal Care pada 7 Oktober 2020, beberapa sistematic review memang menunjukkan adanya risiko keguguran.

" Baru saja terbit sistematic review atau kumpulan penelitian terkait risiko Covid-19 terhadap kehamilan, yaitu keguguran, prematur, dan prekalamsia, ini diamati pada ibu hamil yang positif covid. Untuk detailnya harus mereview data lagi, jika ditanya ada peningkatan risiko? ada," ungkap dr. Yassin.

 

Selanjutnya :

RS Rujukan

Sekolah di Mobil WiFi

Jangan Lewatkan