Ibu Hamil, Lakukan Ini Demi Kurangi Risiko Autisme Pada Janin

Autisme bisa terjadi karena faktor genetik dan lingkungan. Ketahui cara menghindarinya.

Mutia Nugraheni
| 6 Februari 2018 15:53

Empat Hal yang Harus Diperhatikan

Kurangi paparan polusi udara
Salah satu peneliti di Harvard School of Public Health menemukan bahwa risiko autisme akan jadi berlipat ganda pada anak-anak yang lahir dari ibu dengan terpapar polusi tingkat tinggi, terutama pada trimester ketiga. Semakin tinggi tingkat eksposur, semakin besar risikonya. Jadi, saat hamil hindari tempat-tempat yang dirasa memiliki level polusi udara tinggi, seperti di sekitar pabrik, jalan raya yang padat dan tempat lainnya.

Bahan kimia beracun
Ada kecenderungan peningkatan risiko ASD terkait dengan paparan ibu terhadap bahan kimia tertentu selama kehamilan. Meskipun belum diketahui secara spesifik bahan kimia apa yang secara langsung bisa memicu autisme pada anak.

Kurangi penggunaan produk berbahan kimia. Saat hamil, konsultasikan juga dengan dokter kosmetik dan produk perawatan yang aman bagi 
janin.

Konsumsi obat antidepresan
Beberapa penelitian bahkan lintas ilmu menemukan fakta kuat bahwa konsumsi obat anti-depresan pada ibu hamil akan meningkatkan risiko autisme pada anak yang dikandungnya. Dalam penelitian yang dipubliksi Journal of the American Medical Association, diketahui obat yang terkait masalah kesehatan syaraf ternyata berhubungan erat dengan risiko autisme. Para ibu yang harus mengonsumsi obat selama kehamilan, diharapkan berkonsultasi lebih intensif dengan dokter.

Asam folat
Jangan meremehkan suplemen asam folat yang diberikan dokter atau bidan. Kurangnya nutrisi saat hamil diketahui juga sebagai salah satu faktor pemicu autisme. Untuk itu pastikan para ibu hamil mengonsumsi suplemen asam folat saat hamil, bahkan saat masih merencanakan kehamilan.

Sumber: Fit Pregnancy

ANGRY BIRDS 2, Animasi Lucu dengan Pesan Tersembunyi - Wawancara Eksklusif Produser John Cohen

Jangan Lewatkan