Ibu Hamil, Lakukan Ini Demi Kurangi Risiko Autisme Pada Janin

Autisme bisa terjadi karena faktor genetik dan lingkungan. Ketahui cara menghindarinya.

Mutia Nugraheni
| 6 Februari 2018 15:53

Dream - Kehamilan membuat level kecemasan ibu naik seratus persen. Terutama soal kondisi kesehatan janin yang masih ada dalam kandungan. Begitu tahu hasil tes kehamilan hasilnya positif, ibu pasti akan melakukan apapun untuk memastikan si bayi selalu dalam kondisi sehat hingga persalinan.

Salah satu kekhawatiran yang sering muncul adalah adanya masalah pada saraf dan perkembangan pada anak atau Autisme/ Autism Spectrum Disorder (ASD). ASD sendiri merupakan gangguan perkembangan saraf yang memengaruhi kemampuan anak dalam berkomunikasi, interaksi sosial, dan perilaku.

Beberapa penelitian mengatakan autisme dimulai sebelum kelahiran. Satu studi di New England Journal of Medicine menemukan perbedaan otak anak dengan autisme sejak trimester kedua kehamilan. Sementara peneliti belum bisa menentukan penyebab pasti, ASD kemungkinan berkembang dari banyak faktor.

" Beberapa kasus mungkin disebabkan masalah genetik dan ada juga yang karena lingkungan, namun kebanyakan kasus mungkin diakibatkan oleh interaksi keduanya," kata Paul Wang, M.D., Senior Vice president of Medical Research for Autism Speaks.

Terkait masalah genetika mungkin cenderung sulit untuk diatasi. Tapi faktor lingkungan bisa dijaga dan dihindari. Berikut beberapa hal yang bisa dilakukan para ibu hamil untuk mengurangi risiko terjadinya autisme pada anak yang sedang dikandung.

 

Selanjutnya :

Empat Hal yang Harus Diperhatikan

Canggih, Restu Anggraini Desain Mantel dengan Penghangat Elektrik

Jangan Lewatkan