Ibu Hamil yang Terkena Diabetes Dianjurkan Tidak Puasa

Kontrol gula darah serta pemberian insulin harus dilakukan secra rutin.

Annisa Mutiara Asharini
| 10 Mei 2019 12:04

Dream - Diabetes pada umumnya tidak dapat disembuhkan, tapi bisa bisa dikontrol. Seseorang yang mengidap diabetes harus mengonsumsi obat pengontrol gula darah seumur hidup.

Namun ada kalanya diabetes dapat sembuh hingga tuntas. Kondisi ini disebut dengan diabetes gestasional yang dialami oleh ibu hamil. Diabetes ini kerap terjadi pada minggu ke 24 kehamilan.

" Tipe diabetes ini terjadi saat wanita sedang hamil, gula darahnya meningnat drastis. Tapi setelah melahirkan dia sembuh," ujar Sidartawan Soegondo, Dokter Spesialis Penyakit Dalam dan Pakar Diabetes di acara diskusi media bersama Novo Nordisk, Jakarta, Kamis 9 Mei 2019.

 Diabetes

Diabetes gestasional terjadi akibat tubuh tidak memproduksi cukup insulin sehingga terjadi lonjakan gula darah pada masa kehamilan. Kondisi ini bisa dipengaruhi oleh hormon HPL yang membuat tubuh resisten terhadap insulin.

Dokter akan melakukan kontrol gula darah rutin disertai dengan injeksi insulin. Wanita hamil pengidap diabetes dianjurkan untuk tidak berpuasa. Mereka butuh asupan insulin secara rutin agar tehindar dari hipoglikemia.

Hipoglikemia terjadi karena penurunan gula darah secara drastis yang dapat menyebabkan gangguan janin serta calon ibu.

" Sel otak hanya mengandalkan makanan berupa glukosa. Jika otak kekurangan glukosa dalam waktu beberapa menit saja dapat menyebabkan kerusakan sel otak secara permanen," ujarnya.

Pemberian insulin biasanya cukup untuk mengatasi diabetes gestasional. Selama hamil, ibu juga disarankan untuk tetap mengontrol makanan. Hindari konsumsi gula, garam serta lemak berlebih untuk menghindari terjadinya penyakit metabolik lain seperti hipertensi.

Summer Style 2019

Jangan Lewatkan