Ibu Hamil Hobi Makan Seafood, Pastikan Tak Berlebihan

Pengolahannya juga harus diperhatikan.

Mutia Nugraheni
| 25 Oktober 2021 12:04

Dream - Hidangan laut atau seafood selalu bisa membangkitkan selera makan. Seperti cumi-cumi, kerang, kepiting dan juga ikan laut. Rasanya memang gurih dan nikmat, dan kandungan proteinnya juga tinggi.

Bagi ibu hamil yang hobi mengonsumsi seafood, ada beberapa hal yang harus diperhatikan demi kondisi kesehatan ibu dan janin. Dikutip dari KlikDokter.com, seafood—terutama yang berasal dari laut bebas dan jenis seafood yang berada di tingkatan atas rantai makanan—umumnya memiliki kandungan merkuri. Kandungan inilah yang menjadikan seafood berbahaya untuk ibu hamil.

Sebaiknya berhati-hati ketika memilih makanan laut untuk dikonsumsi. Pasalnya beberapa jenis ikan, dapat memiliki kandungan merkuri yang tinggi sehingga harus dihindari.

Pada orang dewasa biasa, kandungan merkuri biasanya tidak menimbulkan masalah yang berarti, kecuali bila dikonsumsi dalam jumlah besar. Tidak demikian bagi ibu hamil.

Makan seafood saat hamil berisiko meningkatkan paparan merkuri. Dengan demikian, risiko terjadinya gangguan perkembangan otak dan fungsi kognitif, serta gangguan sistem saraf pusat pada janin juga ikut meningkat.

 

Selanjutnya :

Olah dengan Matang

Ameer Azzikra Putra Ustadz Arifin Ilham Meninggal, Postingan Terakhir Disorot

Jangan Lewatkan