Better experience in portrait mode.
Iklan - Geser ke atas untuk melanjutkan

Ibu Hamil Boleh Mengendarai Mobil, Tapi...

Ibu Hamil Boleh Mengendarai Mobil, Tapi... Foto: Shutterstock

Dream - Hamil tidak menjadi penghalang wanita dalam beraktvitas. Ibu masih boleh berpergian ke sana ke mari, termasuk mengendarai mobil.

Mengemudi saat hamil kerap mengundang kontroversi. Padahal, menyetir saat hamil tidak menjadi masalah selama kondisi kesehatan ibu baik-baik saja.

Dokter Rumah Sakit Pertamina, Daniel Bramantyo menjelaskan jika sesungguhnya tidak ada larangan bagi wanita yang sedang hamil untuk berkendara. Akan tetapi wanita tetap harus memantau besar kandungannya.

"Sebenarnya boleh saja wanita hamil mengendarai mobil. Namun tergantung dari besar perutnya, karena itu mempengaruhi posisi berkendara," kata dr. Daniel di acara Chevrolet Trailblazer Health Fun Drive & Ride Experience, Jakarta Selatan, Rabu kemarin.

Ibu hamil yang ingin berkendara tidak memiliki pantangan khusus, hanya saja harus memperhatikan bagaimana posisi duduk yang nyaman ketika berkendara.

"Untuk posisi duduk saat berkendara  harus lebih tegak. Karena tidak boleh terlalu landai dan bungkuk," paparnya.

Posisi duduk dengan sudut 90 sampai 100 derajat merupakan pilihan tepat agar janin tetap merasa rileks. Perhatikan jarak antara dada, perut dan juga stir mobil agar tidak terlalu dekat.

"Kalau jarak dada dan stir 25 sentimeter, tapi jarak perut tetap dekat. Kalau tangannya panjang berarti bagus dan masih bisa bawa mobil karena posisi 110 derajat. Karena posisi kaki ke pedal gas belum tentu sama," imbuhnya.

Selain itu, Sahabat Dream yang sedang hamil disarankan untuk tidak mengendarai mobil dengan jarak jauh. Waktu ideal berkendara selama hamil berkisar antara 1-2 jam saja.

Laporan: Ratih Permata Sari

Geser ke atas Berita Selanjutnya

Cobain For You Page (FYP) Yang kamu suka ada di sini,
lihat isinya

Buka FYP
Mobil Ditulis
Mobil Ditulis "I Love" Oleh Putrinya Pakai Batu, Lihat Reaksi Ayah

Tulisan tersebut membuat mobil yang awalnya mulus ini jadi baret sangat dalam.

Baca Selengkapnya
Momen Haru Kang Ojol Tolong Bapak yang Jaminkan KTP Buat Isi Bensin karena Nggak Punya Uang, Bantu Stut Motor dan Bayarkan BBM
Momen Haru Kang Ojol Tolong Bapak yang Jaminkan KTP Buat Isi Bensin karena Nggak Punya Uang, Bantu Stut Motor dan Bayarkan BBM

Menolong orang yang sedang mengalami kesusahan tidak perlu menunggu jadi pengusaha sukses dengan harta melimpah.

Baca Selengkapnya
Kamu sudah membaca beberapa halaman,Berikut rekomendasi
video untuk kamu.
SWIPE UP
Untuk melanjutkan membaca.