Ibu Hamil Boleh Mengendarai Mobil, Tapi...

Ada syaratnya nih, Moms.

Annisa Mutiara Asharini
| 11 April 2019 16:10

Dream - Hamil tidak menjadi penghalang wanita dalam beraktvitas. Ibu masih boleh berpergian ke sana ke mari, termasuk mengendarai mobil.

Mengemudi saat hamil kerap mengundang kontroversi. Padahal, menyetir saat hamil tidak menjadi masalah selama kondisi kesehatan ibu baik-baik saja.

Dokter Rumah Sakit Pertamina, Daniel Bramantyo menjelaskan jika sesungguhnya tidak ada larangan bagi wanita yang sedang hamil untuk berkendara. Akan tetapi wanita tetap harus memantau besar kandungannya.

" Sebenarnya boleh saja wanita hamil mengendarai mobil. Namun tergantung dari besar perutnya, karena itu mempengaruhi posisi berkendara," kata dr. Daniel di acara Chevrolet Trailblazer Health Fun Drive & Ride Experience, Jakarta Selatan, Rabu kemarin.

Ibu hamil yang ingin berkendara tidak memiliki pantangan khusus, hanya saja harus memperhatikan bagaimana posisi duduk yang nyaman ketika berkendara.

" Untuk posisi duduk saat berkendara  harus lebih tegak. Karena tidak boleh terlalu landai dan bungkuk," paparnya.

Posisi duduk dengan sudut 90 sampai 100 derajat merupakan pilihan tepat agar janin tetap merasa rileks. Perhatikan jarak antara dada, perut dan juga stir mobil agar tidak terlalu dekat.

" Kalau jarak dada dan stir 25 sentimeter, tapi jarak perut tetap dekat. Kalau tangannya panjang berarti bagus dan masih bisa bawa mobil karena posisi 110 derajat. Karena posisi kaki ke pedal gas belum tentu sama," imbuhnya.

Selain itu, Sahabat Dream yang sedang hamil disarankan untuk tidak mengendarai mobil dengan jarak jauh. Waktu ideal berkendara selama hamil berkisar antara 1-2 jam saja.

Laporan: Ratih Permata Sari

Topik Terkait :

Summer Style 2019

Jangan Lewatkan